Shoffatil imamah

SHOFFATIL IMAMAH,S.Si Lahir di Pasuruan tanggal 17 April 1979 guru IPA di MTsN Kota Pasuruan sejak 2005 sampai sekarang....

Selengkapnya
Navigasi Web

FILOSOFI HIDUP ANGSA PUTIH

FILOSOFI HIDUP ANGSA PUTIH

Angsa adalah burung air yang berukuran besar dari genus Cygnus, dan tergolong hewan dengan cantik yang menjadi simbol kesetiaan.

Klasifikasi angsa putih

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Aves

Ordo : Anseriformes

Famili : Anatidae

Genus : Cygnus

Spesies : C.olor

Angsa adalah burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat di famili Anatidae. Angsa bersama angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae namun Angsa memiliki suku sendiri, yaitu suku Cygnini. Terdapat tujuh spesies dalam genus Cygnus. Angsa adalah hewan monogami, 'perceraian' kadang-kadang terjadi jika proses bersarang mengalami kegagalan.

Angsa adalah anggota terbesar dari famili Anatidae, dan merupakan salah satu burung air terbesar yang dapat terbang. Spesies terbesar dari angsa, yaitu Angsa Putih, Angsa Trompet, dan Angsa Whooper dapat mencapai panjang 60 inci dan berat 50 pound. Bentangan sayap mereka dapat mencapai panjang tiga meter. Dibandingkan dengan saudaranya, angsa berleher pendek, angsa berukuran lebih besar dalam ukuran dan secara proporsional memiliki kaki dan leher yang lebih besar. Pada angsa dewasa, mereka mempunyai tanda berupa kulit yang tidak ditutupi bulu di antara mata dan paruh. Angsa jantan dan betina mirip, tidak menunjukkan sifat dimorfisme seksual. Namun ukuran angsa jantan umumnya lebih besar dan lebih berat.

Spesies di belahan bumi utara memiliki warna bulu yang putih bersih, tetapi angsa di belahan bumi selatan campuran warna hitam dan putih. Angsa Hitam Australia (Cygnus atratus) berwarna hitam secara keseluruhan kecuali bulu yang dugunakan untuk terbang pada bagian sayapnya. Angsa hitam muda berwarna abu-abu cerah. Di Amerika Selatan, Angsa Berleher Hitam memiliki leher berwarna hitam sesuai namanya. Kaki angsa umumnya berwarna abu-abu gelap, kecuali dua spesies yang berasal dari Amerika Selatan yang memiliki kaki berwarna merah muda. Warna paruh bervariasi; spesies subartik memiliki paruh berwarna hitam dengan campuran warna kuning. Yang lainnya berwarna merah dan hitam.

Angsa umumnya terdapat di daerah beriklim sedang, jarang terdapat di daerah tropis. Lima spesies terdapat di belahan bumi utara, satu spesies ditemukan di Australia dan Selandia Baru, sisanya tersebar di Amerika Selatan. Angsa tidak terdapat di Asia tropis, Amerika Tengah, bagian utara Amerika Selatan, dan seluruh Afrika.

Angsa makan di daratan dan di air. Mereka hampir selalu bersifat herbivora, meski sejumlah kecil hewan akuatik kecil menjadi mangsa mereka. Di perairan, makanan mereka dapatkan dengan menyaring air, dan makanan mereka terdiri dari akar-akaran, batang, dan daun tanaman akuatik dan tanaman dalam air.

Angsa membentuk ikatan monogami yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, ikatan ini dapat berlangsung seumur hidup. Sarang mereka berada di daratan dekat perairan, dan jaraknya sekitar satu meter. Tidak seperti bebek dan angsa berleher pendek, angsa jantan membantu pembangunan sarang. Ukuran rata-rata telur angsa adalah (tinggi x diameter) 113 x 74 mm dan berat 340 g. Inkubasi berlangsung selama 34-45 hari. ( wikipedia)

Keunikan yang bisa dijadikan pembelajaran pada kehidupan angsa putih adalah :

Pertama, Angsa hidup sebagai masyarakat kolektif. Mereka hidup berkawan,makan bersama,tidur bersama,mandi bersama. Angsa mengajarkan kepada kita arti kekompakan,pertemanan dan tata tertib dalam hidup bermasyarakat.

Kedua,ketika terbang mereka berkelompok membentuk formasi V dengan tujuan menurunkan tingkat resistensi terhadap angin jika terbang sendiri.Dan memacu kecepatan terbang jika bersama sama membentuk formasi V.

Ketiga, Jika ada anggota yang mendadak sakit ketika terbang dan terlempar dari formasi maka mereka akan mengapit yang sakit dan membentuk formasi kecil yang baru.mereka saling menjaga kekompakan dalam bekerja bersama-sama.

Keempat,Kepemimpinan dalam kehidupan angsa saling bergantian dalam berkomando,jika ada yang kelelahan maka akan ada pengganti kepemimpinan yang baru,tanpa ada istilah kudeta dan alih kepemimpinan secara paksa.

Kelima, Angsa adalah hewan setia yang memilih pasangan satu kali seumur hidup.

Keenam,Angsa sangat peka dan dapat mengetahui ada orang jahat dan orang baik yang ada di sekelilingnya. Sifat nya akan menjadi sangat agresif jika ada orang asing yang mengganggu disekelilingnya.

Alangkah indahnya jika kita berguru kepada kehidupan angsa....semoga kita dapat mengambil ibrahnya.

Motokopas,29 Agustus 2020

Referensi

https://www.kabartekno.net/2014/04/filosofi-angsa-belajar-kebersamaan-dan.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Angsa_Putih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ilmunya, Bunda, bermanfaat. Sukses selalu. Salam literasi

29 Aug
Balas

Sukses juga buat pak guru nggeh

29 Aug

Tulisan yang mantul Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

29 Aug
Balas

Makasih bunda

29 Aug

Jadi tambah pengetahuan saya Bunda. Coba kalau bisa ada gambarnya pasti lebih keren ya,... Salam literasi, semoga sukses selalu.

29 Aug
Balas

Makasih pak,gambarnya masih blm bisa diupload..hihihi

29 Aug



search

New Post