Sholeh Abdul Qudus, Lc., M.Pd

Sholeh Abdul Qudus, Lc., M.Pd. Lahir di Bogor. Alumnus Ma'had 'Aly Ar-Raayah-Sukabumi, S1 Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir. S2 Universitas Ibnu Khaldun (U...

Selengkapnya
Navigasi Web
Diantara hikmah wfh - Covid 19 TMG Hari ke 13
Seminar Bahasa Arab Online

Diantara hikmah wfh - Covid 19 TMG Hari ke 13

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke - 13

Tentu segala musibah yang menimpa seseorang ataupun suatu bangsa, sudah Allah tetapkan jauh 50k tahun sebelum diciptakannya langit dan bumi, dan dibalik musibah dan cobaan yang Allah berikan pasti ada hikmah dan 'ibroh atau pelajaran yang dapat dipetik bagi Ulul Albab (orang-orang yang mahu berfikir).

Adapun diantara hikmah yang penulis alami disaat pandemi covid 19 ini, dan tentu dirasakan juga oleh setiap gurusianer dan juga setiap insan yang berpropesi sebagai kiyai, dai, mua'allim, murobbi, guru dan lain lain, yaitu tentang digitalisasi. Dimana kita dituntun dengan adanya virus ini, untuk melakukan lockdown dan Work From Home yang akhirnya segala bentuk pembelajaran, diskusi, sosialisasi apapun dilakukan melalui daring, salah satunya adalah kegiatan seminar.

Sebelumnya, terkadang penulis agak berat jika ada seminar yang lokasinya diluar kota, apalagi diluar pulau jawa, malas untuk otw sering menghampiri diri ini dan fullnya kegiatan kuliah, mengajar, dan dakwah membuat penulis harus ekstra memanage waktu.

Alhamdulillah, saat wfh ini, ada beberapa kegiatan seminar baik nasional sampaipun internasional bisa di ikuti, dimanapun dan kapanpun. Ini merupakan kemudahan yang Allah berikan kepada kita semua.

Allah Ta'ala berfirman dalam surah Ash Sharh ayat 5 :

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya:

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan" (Q.S Ash Sharh : 5)

 

Sepatutnya kita selalu bersyukur dan selalu husnu dzon billah (berprasangka baik kepada Allah Subhaanahu wa Ta'ala.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post