Sholeh Abdul Qudus, Lc., M.Pd

Sholeh Abdul Qudus, Lc., M.Pd. Lahir di Bogor. Alumnus Ma'had 'Aly Ar-Raayah-Sukabumi, S1 Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir. S2 Universitas Ibnu Khaldun (U...

Selengkapnya
Navigasi Web

Shalat iedul fitri di mushala rumah TMG Hari ke - 16

#Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke - 16

Pensyariatan shalat eid di dalam rumah

Apabila terjadi udzur dalam shalat eid di lapangan atau di masjid disebabkan karena penghalang, sebagaimana terjadi disebabkan oleh virus corona, maka hukumnya seperti orang yang tertinggal shalat eid ataupun tidak bisa melaksanakan shalat eid di masjid atau di lapangan, maka dia bisa shalat berjamaah dengan keluarga nya atau shalat sendiri dengan sifat2 shalat eid yang biasa dilakukan atau yang sudah diketahui.

Adapun dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah perilaku Anas ibnu Malik Rhadiyallaahu anhu, bahwasanya dia ketika tertinggal shalat eid atau tidak bisa melaksanakan shalat eid maka dia mengumpulkan keluarga dan anak2nya, kemudian berdiri Abdullaah bin utbah (budaknya) maka dia melaksanakan shalat dengan mereka dua rakaat, dan dia melakukan takbir di dua rakaat tersebut, sebagaimana shalatnya ahli mesir dan takbir mereka (rowaahu al-bukhoori mu'allaqon).

Maka ringkasan nya adalah bahwasanya shalat eid dilaksanakanpada waktu yang sudah diketahui, dengan cara yang telah diketahui, baik secara jama'ah atau sendiri, semuanya tergantung keadaan seseorang dan tanpa khutbah.

Adapun amalan2 sunnah yang dapat dilakukan sebelum shalat diantaranya adalah:

- Mandi

- Berhias dengan baju terbaik dan memakai wewangian yang terbaik untuk anak-anak dan bersiwak

- Sarapan dengan beberapa kurma atau yang lain nya sebelum duduk di mushola rumah, adalah Nabi shallallahu Alaihi wa sallam tidak berangkat shalat eid sampai beliau memakan beberapa kurma terlebih dahulu. (Hadits riwayat al-bukhari)

Kemudian duduklah anda beserta keluarga di mushola rumah dan bertakbirlah sebagaimana takbir yang sudah kita ketahui, dan itu dilakukan sampai masuknya waktu shalat eid, kemudian mengakhiri takbir dan mulailah untuk shalat eid.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Benar pak..Tulisan bpak sangat bermanfaat

23 May
Balas

Alhamdulillah bu, syukron bu

23 May

Alhamdulillah bu, syukron bu

23 May



search

New Post