Silvi Anhar

Guru Geografi di MAN 13 Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

Beratnya tugas editor #tantanganharike-21 #tantanganGurusiana

Hari ini, saya mengikuti pelatihan editor di IPMI Kalibata Jakarta Selatan. Saya tertarik ikut pelatihan editor ini, sebenarnya hanya ingin tahu seperti apa materinya, dan bagaimana cara mengedit sebuah tulisan, minimal tulisan sendiri.

Maka ketika Bu Yully menyampaikan ada pelatihan editor, saya pun langsung tertarik untuk memgikutinya.

Saat pengumuman pelatihan editor di buka, maka saya langsung mendaftar. Walau kata beberapa teman biayanya agak mahal, dan tidak diganti sekolah, saya tidak peduli, saya tetap mendaftarkan diri. Karena saya hanya ingin dapat ilmunya, minimal untuk diri saya sendiri.

Pemberi materi pelatihan editor ini, adalah ibu Istiqomah. Saya suka dengan cara beliau menyampaikan materi. Tanpa tendeng aling-aling, langsung ke pusatnya. Dan gaya bahasa beliau pun, saya suka. Mudah dipahami.

Dari materi hari pertama ini, kepala saya lamgsung pusing. Ternyata begitu banyak aturan dalam berbahasa. Banyak penulisan kata- kata yang salah. Bisa jadi, tulisan saya ini pun masih banyak yang salah.

Terbayanglah betapa beratnya tugas seorang editor. Kami peserta pelatihan baru disuruh mengedit sedikit naskah saja sudah kesulitan. Apalagi sang editor. Makin salut saya dengan bapak dan ibu editor di gurusiana. Semoga pra editor tangguh ini selalu diberikan kesehatan dan kesabaran.

Kami pun sebagai penulis harus memiliki empati, untuk tidak memaksa para editor dalam mengedit naskah kami.

Semoga pelatihan hari kedua, kebingungan dan pusingnya saya belajar mengedit bisa jadi lebih ringan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

betul bu cipi, ternyata sdh bukan zaman EYD, tapi PUEBI, ha ha tadi pun sempat bingung

16 Feb
Balas

Iya bu hanum. Dulu ingeet banget mau tes umptn kan belajar bhs indonesia banget2 dah. Duluuuu agak lancat tentang imbuh2an. Sekarang nguap semua

16 Feb



search

New Post