Silvi Anhar

Guru Geografi di MAN 13 Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hati-hati dalam menulis. #tantanganharike-22 #tantanganGurusiana

Hari ini, Minggu, tanggal 16 februari 2020. Merupakan hari terakhir pelatihan kelas editor 2 Jakarta.

Saya bersyukur, bisa ikut pelatihan editor ini. Banyak ilmu yang saya dapat mengenai bagaimana mengedit atau menyunting sebuah tulisan.

Sebelum memgikuti pelatihan ini, dikepala saya hanya terpikirkan, yang penting menulis. Tidak pernah terpikirkan tentang bagaimana penulisannya, benar atau tidak. Salah ketik atau tidak. Tidak peduli. Yang penting menulis lalu kirim.

Saat pelatihan dimulai. Barulah saya sadar. Ternyata banyak sekali kesalahan saya dalam menulis. Terutama dalam hal penulisannya. Banyak salah ketik. Salah penggunaan kata tanda baca, kata hubung dan salah dalam penulisan istilah. Saya jadi malu sendiri.

Setelah mengikuti pelatihan ini, saya kembali membaca tulisan-tulisan yang saya kirim ke blog gurusiana. Saya benar-benar malu membacanya. Ternyata tulisan saya banyak yang salah ketik. Tidak memgikuti kaidah menulis yang benar. Dan terkesan asal.

Memang, niat awal saya menulis adalah, untuk belajar menulis. Jadi, yang penting tulis dulu. Sehingga saya lupa untuk memperhatikan kesalahan ketikan. Dan tidak membaca ulang lagi tulisan yang saya buat, langsung saya kirim. Inilah kesalahan terbesar saya. Padahal blog ini adalah blog untuk menulis bukan blog untuk menyampaikan pesan singkat seperti whatsaap.

Setelah mengikuti pelatihan editor ini, saya harus lebih berhati-hati dalam menulis, dan jangan sampai salah dalam mengetik lagi. Serta saya harus rajin membuka kamus dan PUEBI.

Dan satu hal lagi yang saya dapat dari pelatihan editor ini adalah saya baru menyadari betapa beratnya pekerjaan seorang editor. Terbayang oleh saya, satu paragraf saja banyak salah ketikan, untuk memperbaikinya sudah menghabiskan waktu. Apalagi berpuluh-puluh halaman yang salah ketik. Inilah yang membuat saya harus hati-hati, untuk menulis jangan sampai salah ketik lagi.

Terima kasih banyak untuk Ibu Istiqamah, atas ilmunya tentang bagaimana menulis dan mengedit tulisan. Minimal saya bisa mengedit tulisan sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah

16 Feb
Balas

Seneng dapat komentar bunda makasii bunda. Mohon kritikannya ya hehehe

17 Feb

Maaf, Bu Silvi. Setelah saya amati, penulisan judul tulisantulisan Ibu masih belum benar. Seharusnya setiap kata pada judul diawali huruf kapital, kecuali kata depan, kata sambung, dan kata seru. Jika Ibu masih belum paham, setidaknya untuk sementara lebih baik Ibu menuliskan judul menggunakan huruf kapital semua. Itu akan bisa terhindar dari kesalahan. Salam literasi.

22 Feb
Balas

Sering mengikuti pelatihan bersama beliau akan mengisi ulang amunisi semangat menulis yang mulai pudar

17 Feb
Balas

Betul banget bunda

17 Feb
Balas



search

New Post