SILVIANTI

Tinggal di Halaban, Kab.Lima Puluh Kota, mengajar Mapel Bahasa Indonesia di MTsN 4 Lima Puluh Kota. Motto: Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya (Ali bin Abi Thali...

Selengkapnya
Navigasi Web

Isi Sieka, Yuk!*

Sieka merupakan singkatan dari Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN, yaitu aplikasi yang digunakan untuk membuat laporan kinerja ASN di lingkungan Kementerian Agama. Laporan kinerja mencakup kegiatan tahunan, kegiatan bulanan, dan kegiatan harian.

Kegiatan tahunan berisi cakupan kegiatan yang dilakukan selama satu tahun yang diisi dengan mengacu kepada tupoksi masing-masing ASN. Kegiatan bulanan berisi rekapitulasi kegiatan setiap bulan. Sementara kegiatan harian adalah rincian tugas harian yang dilakukan dan merupakan turunan dari kegiatan tahunan.

Bagi teman-teman guru yang mengalami kendala dalam pengisian aplikasi Sieka, berikut saya bagikan trik mudah pengisiannya.

1. Pastikan laptop/netbook/android teman-teman terkoneksi ke internet.

2. Ketiklah 'sieka' di laman google. Setelah itu masukkan username dan password, lalu tekan log in.

3. Setelah laman ini muncul, lalu klik profile

4. Setelah laman profile muncul, akan muncul laman berikut, lalu pilih jabatan, ubah grade 1 menjadi grade sesuai kondisi masing-masing, lalu klik nama satuan kerja, lalu klik nama atasan, setelah namanya muncul klik, lalu tekan update.

5. Jika pengubahan berhasil akan muncul tulisan seperti berikut, lalu klik ok.

6. Pilih kegiatan Tahunan, lalu klik tanda (+) di pojok kanan bawah, maka akan muncul

Pada kolom Tahun Kegiatan, pilih tahun 2020, lanjutkan pengisian di Kolom Target Kuantitas dan Target Penyelesaian (bulan), sesuaikan dengan jabatan. Deskripsi Kegiatan Tahunan sesuaikan dengan tupoksi, lalu klik save. Lakukan sampai jumlah Kegiatan Tahunan yang akan diinput selesai.

7. Pengisian Deskripsi Kegiatan Tahunan untuk guru, misalnya:

a) Merencanakan Pembelajaran, Target Kuantitas 13 dokumen, Target Penyelesaian (bulan) 2 bulan

b) Melaksanakan Pembelajaran, Target Kuantitas misalnya 100 jam (sesuaikan dengan akumulasi Jam Tatap Muka setiap hari selama satu tahun), Target Penyelesaian (bulan) 10 bulan (PBM efektif selama 10 bulan)

c) Melaksanakan Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar, Target Kuantitas misalnya 10 jam (sesuaikan dengan akumulasi kegiatan penilaian (tergantung KD) setiap hari selama satu tahun), Target Penyelesaian (bulan) 10 bulan (PBM efektif selama 10 bulan)

d) Melaksanakan Analisis, Target Kuantitas misal 15 dokumen (sesuaikan dengan jumlah kegiatan analisis yang dibuat (sesuai KD) akumulasi Jam Tatap Muka setiap hari selama satu tahun), Target Penyelesaian (bulan) 10 bulan (PBM efektif selama 10 bulan)

e) Melaksanakan MGMP, Target Kuantitas misal 15 kegiatan (sesuaikan dengan jumlah kegiatan MGMP setiap bulan selama satu tahun), Target Penyelesaian (bulan) 10 bulan.

f) Melaksanakan Tugas sebagai Wakil/ Wali Kelas/ Guru Kelas, Target Kuantitas misal 20 kegiatan (sesuaikan dengan tupoksi dan pogram kerja), Target Penyelesaian (bulan) 12 bulan.

g) Melaksanakan Tugas Sebagai Tim Pengembang Kurikulum, Target Kuantitas 1 SK, Target Penyelesaian (bulan) 1 bulan.

8. Setelah Kegiatan Tahunan selesai, lakukan breakdown pada masing-masing kegiatan, seperti gambar berikut!

9. Setelah breakdown pada semua kegiatan tahunan, mulailah mengisi kegiatan harian dengan cara Pilih Kegiatan Harian lalu Klik tanda (+) di sebelah kanan bawah.

10. Setelah semua kegiatan Harian berhasil diinput, maka akan muncul rekapitulasi kegiatan bulanan.

Ketika mengisi Kegiatan Harian,setelah klik (+) pastikan pilih tanggal yang sesuai dengan pelaksanaan kegiatan harian.

11. Jika semua item Kegiatan Tahunan untuk satu bulan “Sudah Tercapai”, maka cetak laporan bulanan dengan cara pilih Laporan à Laporan Bulanan, pilih bulan dan tahun, lalu klik Cetak Laporran Bulanan. Jika belum terhubung ke printer, simpan ke Pdf aja dulu....

Mudah-mudahan uraian ini bisa bermanfaat ya Bapak/Ibu, barakallah.....

*Manual Ebook Sieka

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post