Dra.ARMANUSAH M.M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tanggal,6 Juli 2022, Manfaat Batang serai untuk kesehatan

.

Serai adalah tanaman sebangsa rumput, daunya sedikit kasar dan tajam,baatangnya licin dan baunya khas mengandung aroma wangi. Serrai yang biasa dijadikan sebgai bumbu dapur/masakan bagi kaum Ibu,untuk memberi rasa lezat untuk jenis masakan gulai maupun rendang. Tanaman ini sering ditanam masyarakat pada lahan kosong disekitar rumah. Serai tidak hanya bermanfaat untuk menambah aroma masakan atau bumbu dapur , tapi ternyata berkhasiat untuk kesehatan. Karena itu banyak orang mengkonsumsi serai dalam bentuk minuman secara alamiah maupun mengolahnya menjadi minyak serai.

Hari ini tanaman serai yang ada di samping rumah lagi di panen, karena ada permintaan dari tetangga, yang mengumpulkan bahan baku obat herba . Serai yang sudah dibersihkan, diserahkan kepada bu Yati, lalu mereka mengolahnya secara alamiah, dipotong dan diiris tipis tipis. Tahapan berikutnya dijemur beberapa hari sampai benar benar kering. Serai yang sudah dijemur kering di kemas dan dikantongi lalu dipaketkan, berikutnya dikirim keBatam. Menurut informasi dari bu Yati serai yang dikirim akan diolah menjadi bahan teh, sebagai minuman yang berkkhasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mengatasi penyakit diabetes. Dewasa ini banyak masyarakat mengkonsumsi obat alternatif dari bahan herba sebagai pencegahan maupun solusi dalam menangani berbagai penyakit. Mengkonsumsi obat herba sebagai salah satu cara mengantisipasi penggunaan obat kimia secara terus menerus. Diantara manfaat serai untuk kesehatan tubuh adalah:

1. Anti kanker.

Serai mengamdung citral, mengkonsumsi serai dapat membunuh sel yang berkembang secara abnormal dan membiarkan sel sehat tetap hidup

2. Mengatasi diabetes.

Dengan meminum teh yang terbuat dari batang serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin.minum teh dari batang serai daapat menurunkan kadar gula.

3. Mengobati Anemia.

Baatang serai yang dikonsumsi secara teratur, berfungsi mengatasi anemia karena didalamnya banyak mengandung zat besi.

4. Mengatasi masuk angin dan perut kembung .

Mengkonsumsi munuman teh dari batang serai yang dicampur dengan gula merah.

maupun dengan memakai minyak serai/atsiri.dapat menghangatkan tubuh.

5. Mengatasi bakteri atau jamur.

Batang serai yang ditumbuk halus, dioleskan paada kulit dapat berfungsi sebagai

Antiseptikyang dapat membunuh bakteri dan jamurpenyebab penyakit kulit.

6. Mengeuarkan racun dari dalam tubuh.

Kandungan yang ada daaaaalam batang serai daapat menetralisir dan menghilangkan

Racun dari dalam tubuh. Sedangkan antioksidan dan antiseptik dapat membantu

membersihkan organ hati dan ginjal.melalui air seni bercampur luruhan racun dalam

tubuh.

7. Menurunkan kolestrol jahat ( LDL ) tanpa menurunkan kolestrol baik ( HDL )

Anti kolestrol yang ada dalam batang serai dapat menghalangi penyerapan kolestrol di usus besar, sehingga kadar kolestrol dalam darah tetap terjaga. Sifat anti ateroskleross

Yang ada dalam serai dapat menghambat pembentukan plak darah oleh lemak sehingga resiko jantung kroner dapat diminimalisir.

8. Menguatkan sistem saraf.

Batang serai mengandung magnesium,fosfordan folat yang berfungsimenjaga kesehatan

Saraf

9. Menurunkan tekanan darah.

Ketika batang serai diolah menjadi teh, akan menghasilkanpotasium,yang akan memicu tubuh melakukan proses diurisis, proses penurunan tekanan darah dengan mengeluarkan natrium melalui urine.

Rujukan dari berbagai sumber, Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya bu Armanusah, sukses selalu

06 Jul
Balas

Ulasan yang informatif sekali Bu Armanusah. Semoga selalu sehat dan sukses.

06 Jul
Balas

Alhamdulillah,Trimakasih, sehat dan sukses selalu buat bu Umi.

06 Jul
Balas

lhamdulillah trimakasih, semoga sehat dan sukses selalu buat bu Zuyyinah.

07 Jul
Balas



search

New Post