LK 3.1 Best Practice
LK 3.1 Best Practice
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
SMK N 2 BITUNG
Lingkup Pendidikan
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Tujuan yang ingin dicapai
PPL Aksi 1
Meningkatkan pemahaman peserta didik akan literasi membaca pada materi pelajaran Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia didalamnya peserta didik harus mampu mengidentifikasi dan menganalisis Kasus – kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia
PPL Aksi 2
Meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran kasus-kasus ancaman terhadap NKRI dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Penulis
SINCE PETIUNAUNG
Tanggal
PPL Aksi 1
08 DESEMBER 2022
PPL Aksi 2
06 JANUARI 2023
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
ü Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Masalah dalam proses pembelajaran selama ini adalah peserta didik kurang terlibat untuk belajar bersama, kemudian penggunaan media yang kurang menarik, selanjutnya kurang memanfaatkan TPACK, sehingga pembelajaran terkesan berpusat pada guru karena peserta didik lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru
ü Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik baik ini perlu dibagikan agar seluruh peserta didik bergerak bersama untuk melakukan model pembelajaran inovatif yang sesuai implementasi kurikulum merdeka yaitu PBL. Diharapkan dengan model pembelajaran inovatif dapat membentuk perilaku saintifik, perilaku sosial, dan mengembangkan rasa keingintahuan peserta didik
ü Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Guru berperan penting dalam proses keberhasilan peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar sesuai jenjang sekolah yang ditempuh dan guru juga bertanggungjawab merancang proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar hasil pencapaian siswa sesuai dengan standar kurikulum yang sudah ditentukan.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
ü Persiapan dan pengelolaan kelas
ü Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan
ü Pada PPL Aksi 1, masih banyak kekurangan – kekurangan baik dalam pembelajaran, perekaman sampai pada pengeditan video dan mengupload video masih banyak kendala yang ditemukan.
ü Pada PPL Aksi 2, karena dilaksanakan pada hari libur maka harus mempersiapkan peserta didik agar bisa hadir dan mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian, ada beberapa kendala yang terjadi seperti; ruang kelas terlalu sempit sehingga harus meminjam ruangan lagi, video tiba – tiba tidak bersuara sampai pada perekaman yang tidak disetting dengan baik dan terakhir pencahayaan dan pengeditan pada video juga belum maksimal.
ü Siapa saja yang terlibat?
· Bapak kepala sekolah SMKN 2 Bitung sebagai pemegang kebijakan dalam pembinaan intelektual guru melalui pelatihan – pelatihan
· Guru mata pelajaran sebagai pendidik yang harus kreatif-
· Peserta didik sebagai object dalam kegiatan pembelajaran
· Bapak dosen dan ibu guru pamong sebagai pembimbing sekaligus pengamat dan penilai dalam pelaksanaan PPL
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
ü Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan
· Menyusun modul ajar PPL Aksi 1 dan PPL Aksi 2 yang terdiri dari bahan ajar, media ajar, LKPD dan instrument penilaian dengan menggunakan model PBL yang terdiri dari 5 sintaks .
ü Strategi apa yang digunakan?
· Berdiskusi dengan berbagai pihak
· Mendesain modul ajar
· Bekerjasama dengan peserta didik dalam proses pembelajaran
· Bekerjasama dengan rekan guru dalam melaksanakan perekaman
ü Bagaimana proses yang dilakukan?
· Guru memberikan motivasi melalui indikator tujuan pembelajaran
· Guru melatih peserta didik berani mengungkapkan pendapatnya secara lisan maupun tulisan melalui kegiatan diskusi dengan peserta didik lain
· Guru berupaya mengembangkan kreatifitas peserta didik dengan mampu menyelesaikan LKPD sesuai dengan waktu yang ditentukan kemudian mampu untuk menyajikan hasil diskusi.
ü Siapa saja yang terlibat?
Pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran pada
PPL Aksi 1 dan PPL Aksi 2 yaitu guru, peserta didik dan
rekan guru yang membantu proses perekaman
ü Sumber daya atau materi yang diperlukan
Guru menambahkan materi pelajaran dengan menggunakan PPT
dan video yang berisi materi dan contohnya
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
ü Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?
· Pada PPL Aksi 1 dan PPL aksi 2 Dampak dari penerapan model PBL yang dipadukan dengan media berbasis teknologi, kemudian guru memberikan pertanyaan pemantik membuat peserta didik lebih semangat, fokus pandangan tertuju pada materi yang ditampilkan melalui bahan tayang. Peserta didik dapat berkreasi dan memecahkan masalah dengan berdiskusi dan bertanya kepada peserta didik lainnya.
ü Bagaimana respon orang lain terkait strategi yang dilakukan?
· Pada proses pembelajaran, peserta didik terlihat berdiskusi bersama temannya. Peserta didikmengerjakan LKPD dan mempresentasikan diskusi kelompoknya. Respon peserta didik terhadap penggunaan model PBL mendapat respon positif. Peserta didik berantusias mengamati masalah dan menyelesaikannya. Alasan mereka tertarik belajar karena menggunakan media PPT dan video lebih mudah dipahami.
ü Apa yang menjadi faktor keberhasilan / ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
· Salah satu faktor yang menyebabkan keberhasilan pembelajaran adalah dengan penggunaan media/alat yang sesuai dengan materi pembelajaran sehingga peserta didik antusias. Keaktifan terlihat pada saat diskusi kelompok.-
Dari keseluruhan proses pembelajaran, yang dapat diambil kesimpulan adalah:
1. Penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar