Sinthesia

Guru SMA Negeri 1 Cisarua...

Selengkapnya
Navigasi Web
Activity STEM

Activity STEM

Activity STEM

Pengalaman pembelajaran ini kudapat saat aku melakukan seminar tentang STEM, ada yang menarik buat diterapkan pada kegiatan pembelajaran di kelas. Saat itu peserta seminar dibagi dalam lima kelompok, masing-masing anggota terdiri dari lima orang. Pada masing-masing meja dalam kelompok tersedia alat dan bahan yang terdiri dari empat buah lidi ,plastic mika,dua buah sedotan, kertas, plester, gunting dan mobil mainan anak (toy car).

Tugas dari masing-masing anggota kelompok adalah bagaima dengan alat dan bahan yang tersedia bisa membuat roda mainan tersebut bergerak dengan bantuan energy dari angin sejauh mungkin disebut dengan (windsurf car). Saat itu antar anggota kelompok berusaha mengkonstruksi dan mendesign alat dan bahan yang ada, berpikir bagaima cara mengerakkan roda mobil mainan sejauh mungkin dengan bantuan kipas angin.

Selesai masing-masing mendesign, ternyata antara satu kelompok dengan kelompok lainnya dihasilkan design mobil yang berbeda-beda bentuknya dan membuat suasana menjadi rame antar kelompok untuk mencoba mempraktekkan efektifitas gerakan mobil, perwakilan kelompok mencoba menggerakkan mobil mainan tersebut. Dari bentuk yang bervariasi ternyata arah gerakannya pun berbeda ada yang melesat jauh dari kelompok lainnya dan ada yang sama sekali tidak bergerak.

Dari kegiatan tersebut kita sebagai peserta berperan sebagai siswa dilatih untuk:

· Mendesign dan merancang (build) mobil mainan dengan menggunakan energy angin sehingga dapat bergerak sejauh mungkin, diharapkan setiap anggota kelompok kreativ memberikan ide-idenya.

· Setelah selesai mendesign mobil mainan tersebut kita mencoba mempraktekkan kelayakan hasil design yang telah dibuat (test design toy car)

· Mempresentasikannya dan menjelaskan alasan memilih design yang kita pilih (improve your design).

Kegiatan diatas adalah contoh simulasi sebagai cara mengaktivitaskan kreativitas siswa melalui pendekatan STEM (Science Technologi Engineering and Mathematics).

Langkah-langkah di atas bertujuan supaya siswa :

· Menyukai (fun) dan mengerti aplikasi dari pengetahuan yang telah didapatnya.

· Memiliki kemampuan untuk mendesign, melakukan eksperimen dan menganalisis hasilnya.

· Dengan suasana yang menyenangkan akan membuat siswa lebih berkembang ide dan kreativitasnya.

Aktivitas seperti inipun dapat membuat guru lebih kreatif untuk menyusun ide dan merencanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan (fun and enjoy) sehingga tujuan dan materi dapat terselesaikan dengan baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

saya ibu kok he..,

04 May
Balas

#AkuAdalahCandala #DisdikJabar #DispusipdaJabar

29 Oct
Balas

Bagus pak, saya tertarik untuk membelajarkan sistem ini untuk anak2 saya, dimana saya bisa mendapat pelatihan STEM ini ya?

03 May
Balas

Banyak pelatihan ada yang on line ataupun tidak,ibu/mba bisa gabung dengan seamolec silahkan buka informasi nya di facebook seamolec

04 May



search

New Post