Sinthesia

Guru SMA Negeri 1 Cisarua...

Selengkapnya
Navigasi Web
SASISABU (Satu Siswa Satu Buku)

SASISABU (Satu Siswa Satu Buku)

Sasisabu (satu siswa satu buku), mari kita giatkan generasi muda yang bisa membuat bukunya sendiri. Demikian motivasi yang terdengar di berbagai media yang mencintai dunia literasi memberikan ajakan diantaranya media guru.

Kali ini seruan menulis buku merambah kepada siswa-siswi sekolah. Dengan tujuan menciptakan penulis-penulis muda dalam mengembangkan instituisi menulis, memberikan rasa percaya diri dalam mengembangkan kreativitas menulis, memberikan reward berupa materi bila bukunya menjadi best seller dan banyak lagi tujuan lainnya.

Bagaimanakah memotivasi yang telah dilakukan oleh penggiat-penggiat literasi tersebut dalam rangka menggiatkan menulis, antara lain:

a.Melakukan diklat yang disesuaikan dengan usia mereka. Diklat dibuat menarik dan interaktif tidak terlalu banyak ceramah. Siswa harus banyak aktif dan bekerja. Misal: membuat resume buku yang telah dibacanya

b Membuat resume buku yang telah dibacanya bisa dipublikasikan lewat media komunitas maupun membuat portofolio yang menarik.

Membuat resume antara lain untuk melatih siswa membaca karena ide-ide untuk menulis buku dimulai dari membaca hasil karya orang lain, berdasarkan pengalaman, observasi dan lain-lain.

c. Membuat artikel dengan tema yang sesuai minat. Membiasakan membuat artikel akan membantu penulis pemula karena yang dibutuhkan dengan menulis 300 kata tidak terlalu panjang sebagai awal menulis. Dimulai dari menulis pendek akan terlatih lambat laun ke penulisan buku.

d. Membuat buku sederhana dimulai dari membuat kerangka berupa ide-ide dan pola pikir. Dari kerangka ide mulailah dengan mengembangkan buku perbab nya sesuai kerangka. Lebih baik dimulai dengan menyusun berdasarkan best practice.

Demikian yang dapat penulis susun berdasarkan pengamatan diklat literasi yang telah diadakan baru-baru ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat bunda ... literasi mulai menggeliat di berbagai daerah ....tidak terkecuali untuk siswa ....salam kenam bunda

01 Dec
Balas

Salam Kenal bunda ........

01 Dec

Salam kenal juga, terimakasih perhatian nya

01 Dec



search

New Post