Sinthesia

Guru SMA Negeri 1 Cisarua...

Selengkapnya
Navigasi Web
Trik Baca Cepat Ala Jumara

Trik Baca Cepat Ala Jumara

Strategi Literasi Jumara

Kali ini akan kusampaikan tentang strategi literasi hasil diklat yang telah kuikuti, diselenggarakan oleh DINAS Provinsi JABAR.

Literasi dalam arti menulis dan membaca. Kegiatan ini dapat kita lakukan melalui proses visual melalui gambar bahkan video.

Mungkin akan terasa jenuh,bila sistem pembelajaran yang kita lakukan terlalu monoton. Salah satu strategi untuk menyiasati kemonotonan adalah dengan mencoba berbagai strategi.

Salah satu strategi yang dikenalkan dan bisa kita coba adalah Jumara. Jumara bisa kita artikan dengan istilah Zoom.

Strategi Jumara ini dapat kita tampilkan dengan sebuah gambar yang tidak utuh. Kemudian kita meminta pada siswa untuk menuliskan 5 buah kata dari gambar yang ditemukan dengan durasi waktu 2 menit.

Yang kedua kita tampilkan gambar dengan kelengkapan gambar setengah utuh. Siswa diminta mengungkapkan dalam bentuk kalimat. Apa yang dapat diungkapkan oleh siswa maksud dari gambar tersebut dengan durasi 3 menit.

Terakhir kita tampilkan gambar secara utuh, siswa diminta merangkaikan kata dan kalimat dari gambar pertama dan kedua tersebut sehingga terbentuklah sebuah konsep yang bermakna dengan durasi 7 menit.

Strategi Jumara dapat kita terapkan di RPP bagian apersepsi maupun kegiatan inti. Bisa kita terapkan disemua mata pelajaran.

Demikian hal yang dapat saya ungkapkan,semoga bermanfaat.

Salam Literasi...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

#AkuAdalahCandaka #DisdikJabar #DispusipdaJabar

29 Oct
Balas

Terimakasih telah berbagi pengalaman

12 Feb
Balas



search

New Post