Sisil

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Selalu Ada Jalan Untuk Orang yang Mau Berusaha

Resume Belajar Menulis Gelombang 2 (Pertemuan Ke- 19)

Narasumber : Rosiana Febriyanti

Selalu Ada Jalan Bagi Orang yang Mau Berusaha

(Tips Menulis Resume Workshop)

Kegiatan belajar menulis onlin egelombang kedua pertemuan ke-19 menghadirkan Ibu Rosiana Febriyanti, peserta terbaik di kelas belajar menulis gelombang pertama bersama omjay dan telah mendapatkan hadiah kejutan dari KSGN. Menurut penyampaiannya, beliau mempunyai hobi menulis sejak SMP, pernah memenangkan lomba menulis cerpen saat masih kuliah. Beliau juga pernah aktif menulis antologi, menulis buku kumpulan cerita anak berjudul Subsea Relic Warior's yang menceritakan anak yang terjebak dalam dunia game yang diterbitkan Meta Kata (penerbit indie) tahun 2013. Tahun 2015 buku beliau yang judul "Ranger Fadhil" diterbitkan oleh Laksana Kidz, cabang dari Diva Press. Tahun 2019 beliau menyertakan cerpennya dan santri kelas 11 untuk dibukukan bersama Gerakan Menulis Buku-Indonesia. Bukunya berjudul Es Krim Merah Jambu dan sudah 4 jilid yang dicetak.

Meskipun sederet judul telah dihasilkannya, beliau tetap aktif sebagai peserta dalam mengikuti kegiatan belajar menulis bersama om jay. Motivasi nya adalah menjaga konsistensi menulis setiap hari. Karena kesibukan mengajar membuatnya tak punya waktu untuk menulis lagi akhirnya beliau mengikuti kelas-kelas menulis. Di kelas menulis ini menurutnya kita bisa mendapatkan ilmu dan menyimak pengamalan dari para narasumber yang hebat dan luar biasa.

Berikut beberapa tips yang diberikan oleh bu Rosianafe untuk persiapan mengikuti kelas menulis ini:

- Menyingkirkan hal-hal yang sekiranya mengganggu. Nah, ini yang sering saya alami selama mengikuti pertemuan kelas menulis, jam pertemuan yang bertepatan dengan jadwal tidurnya, sering mengharuskan membaca ratusan pesan setelah si kecil tidur. Tapi ternyata hal itu menurut beliau tidak bermasalah, Kalau anak nangis, ya gendong dulu anaknya, sambil bintangi materi yang akan disampaikan narsum , supaya mudah membaca ulang materi.

- Kalau mengantuk bikin kopi dulu, siapkan cemilan. Kalau mengantuk sekali ya tidur saja.

- Kalau sudah siap, catatlah hal-hal mendetail di bagian atas kertas/note di HP. Hari, tanggal, Tema dan Narasumber. (Hal ini belum saya lakukan dalam mengikuti kegiatan ini, biasanya menuliskan catatan tema dan narasumber saat mau membuat resume saja)

- Gunakan kata-kata yang mudah dipahami. Tentukan sendiri simbol atau singkatan yang ingin digunakan agar mencatat dan belajar terasa lebih mudah.

- Kalau narsum menyampaikan dengan pesan suara, tulis kata kuncinya saja, kalau ketinggalan biar saja, nanti kita sambungkan dengan kalimat sendiri.

- Siapkan beberapa baris kosong di lembar catatan untuk digunakan saat belajar. Saat mencatat kata kunci dan informasi, sediakan bagian kosong di antara dua baris agar bisa digunakan untuk melengkapi catatan.

- Sebisa mungkin kita menjadi pendengar yang aktif saat mengikuti diskusi. Jangan asik dengan akun media sosial membuat perhatian kita teralihkan supaya kita bisa mencatat dengan baik, memahami materi yang dijelaskan, dan mengingat informasi dalam jangka panjang.

- Catatlah informasi yang disampaikan setelah terdengar kata atau frasa berikut: Pertama, kedua, ketiga, Terutama atau khususnya, Peningkatan besar, Di sisi lain, Contohnya, Sebaliknya, Selanjutnya, Akibatnya, Ingatlah bahwa

- Tulis ulang catatan sesegera mungkin. Saat mencatat, tulis setiap informasi sejelas mungkin. Biarlah tulisan sedikit tidak rapi, yang penting tulisan masih terbaca oleh mata kita.

- Setiap pokok-pokok pembicaraan dalam kalimat dirangkai menjadi paragraf yang runtut dan padu (nyambung). Kalimat-kalimat tersebut disusun sesuai dengan urutan kejadian atau sebab akibat. Kalimat yang digunakan kalimat sederhana.

- Bisa juga dengan mengubah kalimat langsung menjadi tak langsung selagi kalimat itu masih bertujuan yang sama. Ini juga butuh latihan setiap hari.

- Kalimat yang maksudnya sama digabungkan supaya lebih ringkas.

Jika narasumbernya dari awal sampai akhir menggunakan voice note Bu Rosiana juga menggunakan aplikasi voice note yang ada di WA. Dalam membuat resume workshop memakai aplikasi WA Klik mic-nya sampai mic berwarna hijau sewaktu video Youtube diputar, nanti suara dari Youtube yang tertangkap akan tertulis di WA. Dan menggunakan 2 HP. Saat video/audio HP diputar maka HP yang satunya merekam. Setelah mengenal aplikasi Writer Plus beliau juga melakukan hal yang sama. Saat video/audio diputar di HP, maka HP yang satu lagi yang sudah terinstall Writer Plus digunakan untuk merekam, kalau sudah ada tulisannya, tekan titik tiga di pojok kanan atas, lalu share pilih text pilih WA, kirim ke WA HP yang pertama. Sekalipun tidak ada Writer Plus, jika sudah terbiasa tulisan tangan tidak masalah, yang penting kita enjoy dan tidak terbebani. Agar blognya menarik beliau menambahkan foto atau video yang di-share oleh narasumber. Yang menarik adalah beliau mengusahakan foto narasumber diambil dengan cara screen shoot dari foto profil WA-nya. Benar-benar seorang penulis yang kreatif.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, jika terkendala waktu dalam mengikuti kegiatan menulis bersama via WA, usahakan tetap mengikuti. Yang penting bagian pentingnya sudah dibintangi. Nanti di copy paste ke note HP/Writer Plus/ lalu dimodifikasi dengan kalimat sendiri. Usahakan sebisa mungkin jangan sama persis. Editing bisa dilakukan kapan saja, saat ada jam kosong/jam istirahat di sekolah, atau kapan sempatnya. Menurut beliau jangan tunda-tunda untuk menulis karena semakin menunda semakin menumpuk potensi stress. Kalaupun merasa diksi dan kosa kata belum baik atau masih ragu kita bisa minta saran ke rekan kerja/suami, tanya ke mereka, apa tulisan kita sudah enak dibaca atau belum.

Jelang akhir diskusi BU Rosiana menyimpulkan bahwa menurut beliau selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha. Yaps, saya sangat setuju dengan pendapat beliau. Meskipun dengan ribuan alasan membuat saya ketinggalan dalam mengikuti kegiatan belajar menulis dalam group ini, tapi saya yakin, saya punya jutaan alasan untuk tetap menyusul dan berusaha melakukan apa yang orang lain bisa lakukan. Terimakasih Bu Rosiana, Terimakasih Om Jay, Terimakasih teman-teman anggota Group, semangat belajar selalu.

= Menulis untuk belajar, karena coretan sekecil apapun tetap punya makna =

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post