Siswati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Santri dan Literasi

Santri dan Literasi

#tantangan menulis hari ke 9

Santri dan Literasi adalah dua hal yang tak terpisahkan. Hal ini disebabkan karena santri adalah orang yang sedang belajar ilmu di sebuah pesantren. Ilmu yang dipelajari santri tentunya tidak luput dari kegiatan membaca,menulis,berbicara,menelaah,berdiskusi, dan bentuk kegiatan keilmuan lainnya. Jadi, sangat jelas sekali bahwa santri dan literasi sangat berkaitan erat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa hampir sebagian besar pesantren menerapkan sisten asrama/boarding. Pesantren yang menerapkan sistem asrama biasanya siswa pesantren tersebut akan mempunyai banyak agenda atau rutinitas sehingga dengan agenda dan rutinitas yang banyak siswanya tidak merasa membosankan hidup di pesantren.

Salah satu pesantren yang ada di Sumatera Barat yang menerapkan sistem asrama atau boarding adalah Perguruan Islam Ar Risalah. Di Sumatera Barat,kata pesantren kurang familiar, masyarakat Sumatera Barat lebih mengenal kata perguruan.

Perguruan Islam Ar Risalah saat ini sedang giat-giatnya mem-booming-kan literasi. Adapun program literasi yang diangkatkan telah dituangkan dalam pembahasan terdahulu. Dalam tulisan kali ini penulis akan mengupas tentang kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan literasi di Perguruan Islam Ar Risalah. Semua kegiatan ini diharapkan mampu menuangkan segala ide,gagasan, pendapat anak dengan kreatifitas penampilan atau pertunjukan mereka. Kegiatan ini semua diangkatkan oleh sebuah organisasi siswa yang berada di bawah naungan Perguruan Islam Ar Risalah. Organisasi itu bernama BES AR(Badan Eksekutif Siswa Ar Risalah atau jika pada sekolah lain lebih dikenal dengan OSIS.

1. ABO(Ar Risalah Box Office)

Kegiatan ini biasanya di agendakan sekali dalam satu semester.Kegiatan ABO ini sebagai ajang mencari bakat para Siswa Ar Risalah dalam bidang drama/pertunjukan. Dalam kegiatan ini diperlombakan per angkatan/pertingkat. Biasanya siswa Ar Risalah menyambut kegiatan ini dengan suka cita.

2. FNA(Festival Nasyid Ar Risalah)

Sebagaimana ABO, FNA juga salah satu bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pencarian bakat. Namun bakat yang dicari adalah bakat dalam bidang tarik suara. Tidak sembarang lagu yang bisa dibawakan oleh peserta. Lagunya hanya boleh yang Islami. Para peserta yang menampilkan kebolehannya tampil secara berkelompok.

3. NOBAR(Nonton Bareng)

Ini adalah agenda yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa Ar Risalah. Hampir tidak ada siswa yang tidak mengikuti agenda ini. Agenda ini tidak diperlombakan. Biasanya agenda ini diangkatkan 1x dalam sebulan atau jika ada momen-momen tertentu seperti PHBN atau PHBI.

4. MAJALAH

Siswa Ar Risalah sekarang sudah memiliki sebuah majalah. Majalah ini berbeda namanya antara putra dan putri. Amazing nama majalah anak putra, Real nama majalah untuk anak putri. Majalah ini diterbitkan 1x dalam semester. Semua isi, prosedur/proses pembuatan majalah tersebut dilimpahkan seutuhnya kepada siswa, guru hanya sebagai pembina.

Harapan kita tentunya dengan semua kegiatan atau agenda yang diangkatkan oleh BES AR Perguruan Islam Ar Risalah di atas mampu mengeliatkan program literasi . Mampu menumbuhkan sikap dan sifat pembelajar sepanjang hayat.

Sesungguhnya apapun bentuk kegiatan atau agenda yang diangkatkan siswa tentunya semua itu tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik. Baik ataupun buruk seorang siswa itu semua tidak lepas dari peran guru di dalamnya. Tidak hanya guru,semua eleman sekolah juga punya andil.muara dari semua itu adalah budi pekerti. wallahu 'alam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Perguruannya mantap, penulisnya hebat. Salam literasi

10 Mar
Balas

Salam literasi.trims Buk.Salam kenal

13 Mar

Alhamdulillah

27 Feb
Balas

Bagus bagus

02 Mar
Balas

Bagus bagus

02 Mar
Balas

Bagus bagus

02 Mar
Balas

Bagus bagus

02 Mar
Balas

Bagus bagus

02 Mar
Balas

Tenkiu mhumam ridho

09 Mar

nice zah

16 Mar
Balas

Tenkiu hatta asnan

17 Mar



search

New Post