Siswo Saroso

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun Madrasah Impian (2)

Membangun Madrasah Impian (2)

Penulis Siswo Saroso

#Tagur hari ke 392

Delapan hingga sembilan jam di sekolah bukan waktu yang pendek. Bisa terasa sangat pendek atau sangat panjang. Semua tergantung kondisi lingkungan. Secara psikologis lamanya waktu tidak sebanding lurus dengan perasaan atau kejiwaan seseorang. Pada waktu yang sama dan di tempat yang sama bisa sangat berbeda. Kecenderungan Kita akan terasa sangat lama jika perasaan hati sedang tidak baik. Demikian sebaliknya, waktu akan terasa sangat cepat jika kondisi hati sedang bahagia.

Lalu bagaimana kondisi lingkungan di sekolah. Sudahkah sekolah mampu menciptakan lingkungan yang menyenangkan? Sehingga anak-anak saat belajar atau berada di sekolah merasa senang dan tidak terbebani. Inilah tantangan utama lembaga pendidikan dalam menciptakan susana kondusif bagi anak didik.

Kalau Kita perhatikan dan mencoba meluangkan waktu sedikit untuk sekedar mengamati psikologis siswa saat di sekolah. Mendekatinya dan mengajaknya untuk bicara. Bercerita berbagai hal ringan. Tentu Kita akan mendapatkan info yang sebenarnya. Karena kecenderungannya siswa akan berkata jujur saat diajak untuk berbicara dari hati ke hati. Disitulah Kita akan mendapatkan kondisi sejujurnya tentang psikologis siswa. Kita akan mengetahui sesungguhnya bagaimana dan apa yang mereka rasakan selama di sekolah. Bahagia atau tersiksa.

Lingkungan yang tidak kondusif jelas tidak baik dan tidak bisa mendukung proses pembelajaran. Proses KBM akan terasa membosankan dan tujuan pembelajaran tidak bisa maksimal. Karena siswa merasa setiap dinding kelas terasa penjara bagi mereka. Siswa hanya berfikir kapan jam istirahat atau jam pulang segera berbunyi.

Lembaga pendidikan perlu melakukan survei dan penelitian. Guna memastikan bahwa siswa selama di sekolah benar-benar dalam keadaan yang menyenangkan. Sebab bila mereka tidak merasa nyaman di sekolah. Bisa dipastikan tujuan pendidikan tidak akan tercapai.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post