PATAHKAN AKU BILA ITU MEMBUATMU PAHAM
Belajar di era milenial tak semuanya harus serba digital. Bila ada aktivitas non digital, kenapa tidak?? Aktivitas siswa sangat diperlukan pada proses pembelajaran. Guru dituntut untuk kreatif dalam merancang aktivitas siswa.
Saat ini siswa kelas VIII sedang mempelajari Teorema Pythagoras. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas di madrasah dan secara daring di rumah. Salah satu aktivitas siswa pada pembelajaran materi Teorema Pythagoras adalah menentukan ukuran-ukuran sisi yang bisa membentuk segitiga siku-siku dan yang tidak bisa membentuk segitiga siku-siku.
Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi ini, maka guru merancang aktivitas siswa dengan menggunakan bahan-bahan lokal sederhana, misalnya lidi, stik es krim atau batang korek api. Bahan-bahan ini sangat mudah didapatkan.
Patahkan lidi-lidi sesuai ukuran panjang yang diinginkan. Kemudian tata pada kertas atau keramik agar mudah diketahui bentuk segitiga dan jenis segitiganya. Melalui patahan-patahan lidi tadi, siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran Matematika.

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Siap paham Bu guru