Siti Amanah,S.Pd.M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bali oh Bali

BALI OH BALI

Oleh: Siti Amanah,S.Pd.M.Pd

Email: [email protected]

Pertama kali sepanjang hidupku yang sudah mencapai kepala 5. Kakiku menginjakkan tanah di Bali untuk Bintek Literasi Penulisan Buku Tahun 2017.Betapa mempesona, serasa bukan di negeri sendiri. Oee ingat, ingat, bahwa kita ini masih di Negeri sendiri.Kenapa bak di Negeri orang? Pemandangan yang aku lihat pertama kali ada model-model bangunan yang menyerupai bangunan antik, naik taxipun serasa aneh. Dalam taxi ada aroma yang tidak pernah aku jumpai, ada sesaji. Aku segera tersadar bahwa ini adalah Bali yang mungkin penduduknya mayoritas mempercayai adanya sesaji untuk arwah leluhur.

Termenung sesaat sambil menikmati pemandangan dan Gedung-Gedung yang mirip Pure, aku berfikir, “ eh menjelang asar” . Sambil jalan taxi itu ku cari-cari Masjid, belum bisa ketemu . Oi , ternyata dah sampai J Hotel. Sambil cek in kutunggu-tunggu suara adzan berkumandang, tidak juga terdengar.

Langsung saya masuk kamar dengan diantar oleh petugas hotel, setelah masuk petugas ijin meninggalkan saya sediri.Kucari-cari petunjuk arah kiblat karena akan menunaikan sholat ‘asar. Eh... tidak ketemu, langsung saja aku main perasaan, yang penting dalam hatiku mengatakan “Innama a’malu binniyaat “ .Dan pedenya aku merasa benar dalam melakukan sholat ‘asar.

Tak lama kemudian aku bergegas mencari ruang untuk meeting. Masih saja ada perasaan gimana.... gitu loh. Disetiap sudut ada sesaji dan aroma yang aneh menurut saya. Setiap muncul perasaan seperti itu segera aku tepis sendiri. He...ini Bali....bukan di Jawa..........

Setibanya di ruang meeting aku baru tahu kalau ternyata sudah dimulai kegiatan pembukaan.Akupun mengikuti acara tersebut dengan seksama.Karena keinginan tahu yang begitu besar, sehingga mampu menepis rasa lelah dan kantuk.

Begitu selesai Pembukaan aku iseng menanyakan kiblat kepada temen yang duduk disampingku. Aduahai........ternyata aku tadi sholat ‘asar menghadap ke selatan. Astaghfirullaahal’adziim.

Hanya do’a yang bisa kupanjatkan, semoga ibadahku diterima Allah SWT.

Bali,26 April 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus Bunda Amanah.... maju terus, guru mulia karena karya

27 Apr
Balas

Trims Bu Petronela.....yuk kita belajar bareng-bareng. Ok?

30 Apr
Balas

tulisan ibu baik sekali

28 Apr
Balas

saya sangat senang dengan isi tulisan Bunda

28 Apr
Balas



search

New Post