Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fenomena Tertidur di Kelas

Fenomena Tertidur di Kelas

Fenomena Anak Tertidur di Kelas

Oleh Siti Fatimah

Pagi ini saya mendapat jadwal mengajar di kelas 9E. Tiga jam berturut-turut berkolaborasi dengan anak 9E yang penuh keceriaan dan belajar. Sungguh senang rasanya berlama-lama di kelas itu. Namun ketika saya masuk ke kelas, ada satu siswa yang meletakan kepalanya di atas meja. Kulihat matanya terpejam. Kelihatan sangat pulas tidurnya. Dalam hatiku bertanya-tanya ' Apakah tadi malam ia tidak sempat tidur? Ada apa dengan muridku ini? Apakah hanya di jam pelajaranku saja ia mengantuk dan tertidur di kelas?"

Kucoba membangunkan, tapi ia tetap tidak bergeming. Akhirnya kumulai pembejaran tanpa menunggunya. Kegiatan diskusi pun berlangsung seru, tetapi ia tetap tidak tergoyahkan tidurnya. Tiga jam pelajaran telah berlalu, tetapi ia masih tertidur pulas. Rasa penasaranku semakin memuncak. Kutanyakan kepada guru-guru yang lain tentang fenomena anak tertidur di kelas. Hasilnya sangat mengejutkan. Di setiap mata pelajaran, ia memang seperti itu, "mengantuk dan tidur."

Fenomena ini merupakan tantangan bagi para guru untuk membuat pembelajaran yang inovatif yang menarik dan menyenangkan. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara fisik mental, dan emosional. Pembelajaran berbasis aktivitas yang memfasilitasi siswa melakukan kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan komunikasi. Kegiatan yang menstimulasi tumbuh berkembangnya kemampuan berkolaborasi, berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif, serta kreativitas siswa.

Hal ini juga merupakan tantangan bagi guru bimbingan konseling untuk menyelidiki akar permasalahan "Mengapa siswa selalu tidur saat pembelajaran?" Pendekatan secara personal dapat dilakukan untuk tabir permasalahan ini. Komunikasi yang baik antara pihak siswa, arang tua dan sekolah akan memberikan solusi yang tepat. Dan akhirnya siswa dapat belajar penuh semangat dan motivasi.

Cikfat. 28.11.2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Manusiawi bu, kadang kita juga merasa kasihan pada mereka apalagi yg 5 hari sekolah, di MTsN 4 Sby siswa hrs du Madrasah mulai pukul 06.00-15.00, waktu 9 jam cukup melelahkan mereka, apalagi jam-jam akhir

28 Nov
Balas

Kecapaian ya Pak guru...jadi terus tertidur........semoga mereka yang selalu mengantuk di kelas besoknya juga menjadi anak yang baik dan sukses. Barakallah........ Terima kasih sudah berkunjung pak Guru. Semoga sehat dan sukses selalu.

29 Nov

Di sekolah saya ada juga yang seperti itu Cik Fat, usut punya usut ternyata dua suka begadang malam harinya. Benar kata bunda Rai perlu kolaburasi antara orang tua dan guru.

28 Nov
Balas

Betul Bu Dyahni. Kolaborasi dan komunikasi akan menyelesaikan masalah tanpa masalah. Makasih sudah berkunjung. Salam sehat dan sukses selalu.

29 Nov

Jika demikian kita harus tahu apa kegiatan yang dilakukannya setelah pulang sekolah. Mungkin dia melakukan pekerjaan yang menuntut energi banyak sehingga tidur pun tidak sempat. Kegiatan itu positif atau tidak, perlu komunikasi yang baik antara orang tua dan guru. Komunikasi yang terbangun baik akan menemukan solusi yang baik pula. Semoga kita para guru selalu diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi berbagai persoalan yang dibawa anak ke dalam kelas. Salam sehat dan sukses selalu cikgu. Barakallah.

28 Nov
Balas

Aamiin. Matur nuwun kahaturaken Bunda Rai. Semoga sehat dan sukse selalu untuk bunda Rai. barakallah

29 Nov

Mungkin ada sesuatu yang membuatnya demikian....coba ditelusuri...Cikgu...salam sehat dan sukses selalu. Barakallah..

28 Nov
Balas

Ok. Bun.... Makasin. Salam sehat dan sukses selalu juga untuk Bu Rini

29 Nov



search

New Post