Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Tangguh di Sekolah Mewah

Guru Tangguh di Sekolah Mewah

Resensi Buku

Jumat: 30 November 2018

Judul buku: Sekolah Mewah

Penulis: Nurul Azkiyah, S. Pd.

Editor: Murman

Penerbit: CV. Pustaka Media Guru

Tahun Terbit: Oktober 2018 cetakan pertama

ISBN: 978-602-482-343-6

Tebal buku: 87 halaman

Harga buku: 40rb

Menjadi guru yang tangguh dan pantang menyerah menjadi dambaan setiap guru. Apalagi di sekolah yang mewah. Sekolah yang mewah ini bukan sekolah dengan gedung menjulang dan fasilitas yang lengkap, di setiap dilengkapi AC dan LCD. Tetapi sekolah mewah yang dimaksud penulis buku ini adalah sekolah yang mepet sawah.

Buku berjudul Sekolah Mewah karya Bu Nurul Azkiyah ini menuturkan tentang pengalaman mengajar yang luar biasa ketika mendapatkan tugas mengajar tambahan di sekolah yang terletak jauh dari perkotaan, tapi dekat dengan sawah. Sehingga menjadi sekolah mewah yang artinya mepet sawah.

Dengan gaya bahasa yang sederhana penulis yang kerap dipanggil oleh muridnya guru kota ini, secara apik menuturkan kisahnya selama 1.5 tahun mengajar di sekolah mewah ini. Lokasi yang jauh, motivasi belajar yang sangat rendah, dan karakter siswa yang kurang baik merupakan beban ekstra, sekaligus tantangan bagi guru kota mengajar di sekolah mewah. Berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran dicoba, dari pendekatan saintific hingga penggunaan permainan monopoli ia terapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang sangat istimewa.

Dalam buku bersampul warna biru muda ini juga dikisahkan berbagai cerita unik sekolah mewah yang selalu dilanda banjir tiap tahunnya. Siswa di sekolah mewah menganggap sekolah adalah penjara yang penuh pesakitan. Belajar adalah kegiatan yang menyiksa, dan guru adalah algojonya, sehingga banyak dari mereka yang berusaha melarikan diri dari lingkungan sekolah mewah ini. Dibalik kenakalannya, siswa di sekolah mewah ini memendam sejuta kisah yang nestapa. Dengan bahasa yang lugas penulis menyajikan kisah siswa yang paginya belajar, tetapi siangnya menjadi kuli, berjualan asongan, hanya untuk sekedar membuat perutnya kenyang. Kisah guru dan kepala sekolah yang pantang menyerah mendidik anak terlantar dan dalam kondisi miskin kompleks menjadi generasi yang andal dan dapat memeluk mimpinya

Banyak untaian kata yang bagus yang dapat kita ambil pelajaran dari buku ini, diantaranya "Pendidikan karakter lebih utama daripada sekadar mata pelajaran sekolah."

" Sesuatu yang awalnya dianggap musibah, justru memberikan berkah"

Kelebihan

Buku ini sangat bagus isinya untuk menginspirasi guru maupun siswa, covernya keren, alur cerita juga membuat pembaca ikut terhanyut didalamnya.

Kekurangan

Buku ini akan lebih bagus lagi bila ditambahkan dengan gambar anak ketika beraksi di kelas, ketika ada musibah banjir, dan gambar lain sesuai dengan kejadian unik yang diceritakan.

Kesimpulan

Buku ini sangat cocok untuk menginspirasi guru untuk pantang menyerah menghadapi siswa yang luar biasa, dan juga untuk siswa agar dapat menginstropeksi diri dan belajar dari kisah-kisah siswa yang menyayat hati.

Membaca resensi ini saja tidak cukup mewakili isi buku yang penuh dengan pembelajaran karakter dan inovatif. Segera miliki buku ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Resensi yang bagus. Saya jadi ingin belajar menulis resensi. Salam literasi, Bu

30 Nov
Balas

Ya Bu . Saya juga baru belajar. Semoga sukses dan sehat selalu. Makasih

02 Dec

Jos tenan Bu Asky....selamat...

30 Nov
Balas

Top bgt.... thanks

02 Dec

Mantab cik fat, sukses selalu, barakallah.

01 Dec
Balas

Makasih Bu Rita. Semoga sukses dan sehat selalu

02 Dec

Resensi yang sangat menarik Cikgu....

30 Nov
Balas

Ya resensi sekolah mepet sawah.... makasih sudah mampir Bu Rini. Semoga sukses dan sehat selalu

02 Dec



search

New Post