Siti Fatimah

Alumnus PPS UNNES bekerja di SMP 2 Kudus sejak tahun 1995 Mata Pelajaran IPA...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tari Barong

Tari Barong

Tari Barong

Oleh: Siti Fatimah

Asap putih mengepul di sudut panggungmu

Aroma dupa pun menyebar menusuk hidung pengagummu

Gamelan pun mengalun merdu mengiringi langkahmu

Langkah yang menggetarkan hati pemujamu.

Wajahmu begitu garang

Mulutmu penuh dengan siung yang tajam

Badanmu penuh rambut panjang hitam legam

Ekormu pun panjang menjulang seperti pedang.

Adegan pertarungan para leak

Adegan pembunuhan kaum adharma

Membuat bulu kudukku berdiri

Membuat rasa ngeri menyusup dalam kalbuku.

Tapi rasa itu sekejap sirna

Ketika kau tunjukkan aksimu memberantas kemurkaan

Ketika kau tunjukkan kasihmu pada sesama

Dan kau ajarkan kebaikan bagi kami generasi penerus bangsa.

Oh....Tari Barong

Visimu jauh tak berbatas

Misimu sungguh mulia

Semoga kau selalu merasuk dalam kalbu setiap anak bangsa.

Bali, 17 Desember 2018

Cikfat. 17.12.2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tari Barong, budaya nusantara nan indah sarat pesan moral. Peninggalan agung para leluhur kita. Tari Barong, taksembarang tarian, kental dengan aroma mistis tetapi kedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Garang pada mereka yang tebar kemaksiatan, dan lembut welas asih pada sesama. Tari Barong, terimakasih ajarkan kami arti arti mencintai negeri. Terimakasih, Ibu Siti Fatimah. Selalu ditunggu karya-karya hebat berikutnya.

17 Dec
Balas

Matur nuwun Bunda sudah mampir. Tapi barong memang awalnya mengerikan tapi barakhir dengan tepukan gemuruh. Semoga sehat dan sukses selalu Bunda.

18 Dec

Tari Barong, berisi pesan moral hancurkan kemungkaran. Budaya yang harus dilestarikan agar anak bangsa mengenal dan mengerti betama leluhur telah tunjukkan keteladanan. Melawan sngkara murka, semoga membara dalam dada generasi muda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, cikfat.

17 Dec
Balas

Makasih Sudah mampir Bunda Raihana. Salam sehat dan sukses selalu untuk Bunda Raihana. Barakallah

18 Dec

Cik fat akhirnya jalan-jalan ke Bali. Tari barong memang luar biasa penuh dengan pesan moral. Sangat bagus dilihat anak-anak untuk belajar penguatan karakter dan penanaman budi pekerti serta mencintai karya dan budaya anak negeri. Have a fun day, enjoy the journey. God bless you. I just wait your next story.

17 Dec
Balas

Ok Bu Rita. Tunggu ya cerita tropnya.

18 Dec



search

New Post