Siti Hamidah K

Tinggal di Bandung Jawa Barat. Sekarang aktif mengajar di SDIT Nur Al Rahman Cimahi sejak tahun 2000. Latar belakang pendidikan Biologi Universitas Muhammadiya...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembaca Hebat (Part 1)

Pembaca Hebat (Part 1)

Salah satu kegiatan literasi yang dilakukan oleh sekolah adalah membaca senyap yang rutin dilakukan tiap pekan di sekolah. Setelah sekian lama mendampingi siswa - siswa di kelas, muncullah pertanyaan - pertanyaan dalam hati ini.

" Bagaimana memberikan motivasi yang bermakna tentang membaca pada anak - anak?"

" Bagaimana kita sendiri sebagai guru bisa menjadi model buat anak didik kita?

Setelah beberapa lama memendam pertanyaan itu ketemulah dengan sebuah buku yang berjudul Bagaimana Cara Membaca Buku, Panduan Membaca Buku - Buku Hebat karangan Mortimer J. Adler.

Ada beberapa point yang menarik dari buku tersebut diantaranya :

I. Kegiatan Membaca

Ada banyak jenis bacaan dan tingkat kemampuan membaca. Ada seni dalam membaca sebagaimana orang bermain tenis ada aturan untuk mengatur setiap pukulan. Ada aturan yang dipelajari dan diikuti. Melalui latihan, kebiasan yang baik harus dibentuk. Setiap membaca ada hal - hal baru yang bisa kita dapatkan walaupun buku itu telah kita ulang - ulang membacanya. Belajar membaca dengan baik menghadirkan kesulitan untuk diatasi dengan upaya dan waktu. Belajar membaca lebih baik, dan kemudian, dengan membaca lebih baik, belajar lebih banyak tentang apa yang dapat dipelajari melalui membaca.

Setelah membaca point - point diatas sedkit memberi motivasi pada diri ini untuk terus belajar membaca.( Bersambung)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post