Siti Ismuzaroh

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PPDB DAN MENDADAK MISKIN

PPDB DAN MENDADAK MISKIN

Hari ini, 14 Juni 2017 merupakan hari terakhir pelaksanaan PPDB online yang dilaksanakan serentak di Jawa Tengah, melalui aplikasi sentral dari Telkom, Juknis telah diluncurkan. Ada fasilitas khusus bagi siswa dari keluarga kurang mampu atau miskin dengan bukti KIP, KARTU INDONESIA PINTAR dan SKTM. Sebagai pendidik tentu senang karena siswa yang tidak mampu berpeluang mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Namun ...dengan juknis Kemiskinan itu, ternyata dimanfaatkan oleh beberapa orang yang mengaku MISKIN dengan membuat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) , ...mengapa mereka tega berbuat seperti itu? Ternyata dalam juknis tertulis bahwa sekolah menerima min 20% siswa miskin dengan nilai jumlah Nilai UN 24 harus diterima dengan menyertakan kip atau SKTM.

Fenomena yang terjadi, berdasarkan pengamatan, pemantauan, dan curhat para penanggung jawab PPDB, ternyata mencengangkan. Mendadak banyak warga miskin jadi jadian. Begitu mudahnya yang berwenang mengeluarkan SKTM pada keluarga PNS berada, bermobil, ada bidan. Polisi, pedagang, dampaknya sangat mengejutkan. Ternyata SKTM dapat menggeser siswa dari keluarga mampu yang memiliki nilai lebih tinggi dari siswa BERSKTM dengan nilai UN 24. sistem telah menerima min 20% dari siswa miskin. Artinya sebuah satuan pendidikan boleh 100% miskin semua. Lalu... siswa dari keluarga mampu harus kemana? Siswa berprestasi kalah dengan siswa miskin yang BERSKTM. Yang perlu dipertanyakan adalah Bagaimana penguatan penumbuhan karakter siswa bisa dilakukan, bila orang tua sendiri telah memberi contoh ketidakjujuran dalam proses awal sekolah? Sungguh ironis dan memerlukan kerja keras dalam penanaman budi pekerti . Tantangan guru saat ini sangat luar biasa. , di lingkungan sekolah dikelola sebagaimana tujuan pendidikan, akan tetapi di lingkungan luar sekolah mengotorinya.

Akhirnya...ppdb tahun ini menjadi milik para pemegang surat sakti SKTM. Semoga peristiwa ini menjadi evaluasi ditahun depan. Jika memang miskin betulan tidak jadi masalah, yang bahaya adalah Miskin Jadi Jadian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Fenomena PPDB yang selalu berulang setiap tahun. Sudah saatnya kriteria "miskin" yang wajib diterima dalam PPDB diperketat agar tidak mengurangi kuota anak-anak pinter yang tidak miskin. Tetap semangat ya bu Kepsek.

14 Jun
Balas

Siap Pak kepsek

15 Jun

Bukan hanya di Jawa Barat bu. Di banyak tempat pun demikian. Saya pernah memeegoki orang tua PNS pejabat daerah mengurus anaknya maauk sekolah negeri dengan SKTM. Tanpa canggung berkwndara sedan merah membawa anak dan istrinya yang berjalan penuh perhiasan. Alamak mau jadi apa negeri ini.

14 Jun
Balas

Bu, saya tidak mengerti bagian pernyataan yang ini: Ternyata SKTM dapat menggeser siswa dari keluarga mampu yang memiliki nilai lebih tinggi dari siswa BERSKTM dengan nilai UN 24. sistem telah menerima min 20% dari siswa miskin. Artinya sebuah satuan pendidikan boleh 100% miskin semua. Menerima 20% dari siswa miskin? => menerima siswa miskin 20% dari jumlah daya tampung? => menerima 20% dari seluruh siswa miskin yang mendaftar? "Artinya sebuah satuan pendidikan boleh 100% miskin semua" => rasanya artinya bukan begitu. Maaf, lho .. itu pendapat saya.

14 Jun
Balas

hm.. saya sebaga siswa yang mendaftar terkena imbasnya karena banyak orang yang aslinya mampu tetapi menggunakan sktm untuk masuk sekolah padahal anak tersebut nilainya sangat buruk...

05 Jul
Balas



search

New Post