Siti Istijabatun

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rondo Royal

Rondo Royal

Rondo Royal, dilihat dari namanya saja bikin orang penasaran, terutama orang Jawa Tengah yang tahu betul makna dari kata perkata yang dipakai. Rondo adalah bahasa Jawa yang artinya janda, royal menurut orang Jawa artinya banyak tingkah, tidak sewajarnya, jauh dari kata kalem. Jadi, Rondo Royal adalah janda yang banyak tingkah, betulkah begitu?

Makanan ini bisa masuk kategori tidak syar'i mungkin, bagi sebagian orang, seperti yang akhir-akhir ini viral. Tapi apa sebenarnya "Rondo Royal" yang dimaksud disini?

Makanan cemilan yang dibuat dengan sangat sederhana namun rasanya maknyuss, apalagi dimakan saat masih hangat. Cara buatnya simpel banget, cukup celupkan tape singkong pada adonan tepung serbaguna, bisa ditambah sedikit gula pasir sesuai selera, lalu digoreng.

Masih penasaran gak sih kenapa disebut Rondo Royal?. Saya coba analisis, tape merupakan makanan hasil fermentasi yang sudah siap untuk dimakan, tetapi dalam hal ini masih mengalami perlakuan kedua atau diolah lagi. Kondisi itu dikaitkan dengan janda (Rondo) yang notabene bisa mengalami pernikahan lagi karena statusnya (perlakuan kedua). Perlakuan untuk tape yang dibalut dengan tepung untuk kemudian digoreng ini, dirasa aneh atau tidak sewajarnya, karena tanpa perlakuan itupun tetap bisa dimakan. Keanehan ini disebut Royal. Jadilah makanan yang enak ini disebut Rondo Royal.

Saya hanya penasaran saja dengan namanya yang unik. Saksi sejarah (para orang tua) tidak bisa menjawab darimana asal usul namanya. Maka sambil menikmati Rondo Royal ditemani secangkir teh hangat sore ini, saya coba tulis analisis ngawur tersebut diatas.

Yang penasaran rasanya, silahkan mencoba...

Sugeng sonten, masih dalam suasana lebaran Ied Adha Mubarak...tak lupa saya mohon maaf lahir dan batin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah goreng tape tu Bun...enak eee

01 Aug
Balas

Ha... Ha... Ada-ada saja. Hasil analisis yang luar biasa.

01 Aug
Balas

Hehe, siap bunda...selamat mencoba

01 Aug
Balas

Keren bu....Jdi penasaran jg... Salam kenal ya bu....Follow balik ya bu..

01 Aug
Balas

enak tenaaan

01 Aug
Balas



search

New Post