Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagi Tulisan Bermanfaat

Berbagi Tulisan Bermanfaat

H-641 Gurusiana

Anda sudah biasa menulis artikel? Tulisan apa yang biasa Anda suguhkan kepada pembaca? Pasti banyak hal.

Bagaimana respon pembaca artikel Anda? Sedikit, banyak, atau tidak ada yang membaca? Mengapa bisa demikian? Jawabannya mungkin artikel Anda kurang menarik minat pembaca.

Menurut salah satu sumber, artikel yang dibagikan akan mendapat respon baik, alias banyak pembacanya, jika artikel itu menarik, enak dibaca, menginspirasi, memberi edukasi, dan memberi banyak manfaat.

Artikel apa saja yang dapat dibagikan agar memberi manfaat kepada pembaca? Menurut idntimenews.com, ada enam jenis tulisan yang bagus untuk dibagikan, antara lain:

1. Pengalaman pribadi . Anda dapat berbagi pengalaman pribadi, bukan untuk membanggakan diri. Atau mengemis perhatian. Tapi untuk memberi motivasi. Jika pengalaman yang membuat Anda tertekan pada suatu keadaan, kemudian dapat bangkit dari keterpurukan. Maka Anda telah membagikan satu atau berbagai solusi untuk menyelesaikan masalah. Maka pembaca akan mengambil pelajaran dari pengalaman pribadi Anda.

2. Panduan tentang suatu bidang. Menyebarkan tulisan tentang pedoman suatu masalah, maka beribu pembaca akan berterima kasih kepada Anda. Karena mereka dapat mengambil manfaat dari tulisan Anda.

3. Tips pada bidang tertentu. Biasanya seseorang akan mencari cara aman menggunakan atau memakai sesuatu yang pada umumnya berdampak kurang menguntungkan. Kemudian jika Anda pernah mengalami hal sama, namun berhasil mengatasinya, kemudian cara yang Anda tempuh itu dibagikan kepada pembaca. Maka akan banyak pembaca yang terbantu dengan tips yang Anda bagikan.

4. Review atau rekomendasi suatu produk. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak produk yang digunakan masyarakat. Namun ketika Anda mengerahui keunggulan dan kelemahan dari beberapa produk itu. Kemudian Anda bagikan dengan merekomendasikan prosuk yang memiliki keunggulan tertentu. Maka Anda telah mengajak pembaca untuk berhemat dari penggunaan produk percobaan.

5. Cerita pendek atau puisi. Cerita pendek dan puisi adalah tulisan sastra yang banyak diminati pembaca. Tulisan jenis ini sifatnya lebih memberikan hiburan. Walau di dalamnya tidak lepas dari makna pembelajaran.

6. Artikel informatif atau edukatif. Artikel jenis ini merupakan artikel yang tak kalah penting bagi pembaca. Melalui artikel ini, pembaca mendapat pengetahuan dan wawasan baru.

Dengan berbagi enam jenis tulisan di atas, berarti Anda telah berbagi tulisan yang bermanfaat bagi para penulis pada umumnya.

Sumber: idntime.com

Cilegon, 25 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Bu Sholihah, sukses selalu.

25 Apr
Balas

Terima kasih Bunda atas ulasannya yang penuh gizi.

26 Apr
Balas

Informasi yang bermanfaat dan terima kasih ya

26 Apr
Balas

Keren ulasannya, sangat bermanfaat

26 Apr
Balas

Siap, Bu. Ulasan yang mantap...

26 Apr
Balas

Mantap ulasannya, Bu

26 Apr
Balas

Keren dan informatif.

25 Apr
Balas



search

New Post