Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Sambal Kemiri

Membuat Sambal Kemiri

H-568 Gurusiana

Masak lagi yuk. Mumpung masih kumpul anak dan mantu, memasak kudapan yang disenangi mereka. Seblak dan Cihun di hari pertama. Spageti dan bakwan jagung untuk dinikmati hari ini. Sedangkan untuk bekal yang akan kembali ke Bandung, memesan risoles mayo langganan yang sangat disukai keluarga.

Hari ini saya tidak menulis resep masakan yang disebut di atas. Melainkan akan menuliskan resep membuat sambal kemiri, sebagai coelan bakwan jagung dan gorengan lainnya.

Sambal kemiri sama saja dengan sambal lainnya. Hanya saja ditambahkan beberapa buah kemiri. Orang Sunda menyebutnya sambal muncang. Ini sangat disukai anak-anak saya.

Resepnya akan saya bagikan untuk anda yang belum pernah mencoba dan ingin mencobanya.

Bahan:

1 ons cabe cengek hijau.(hari ini saya menggunakan cengek merah, karena itu cadangan yang ada)

10 siung bawang merah

5 siung bawang putih

3 tomat matang ukuran sedang

4 butir kemiri

2 batang daun bawang (iris yang hijaunya saja)

Garam secukupnya

Penyedap bila suka

Gula bila suka.

Minyak goreng untuk menumis

Caranya:

1. cuci bersih semua bahan, sisihkan

2. Iris semua bahan, agar mudah lembut ketika diulek. Bukan diblender.

3. Ulek cengek, bawang putih, bawang merah, sampai halus.

4. Masukkan kemiri. Lanjutkan mengulek sampai halus. (biasanya kemiri lebih memperhalus bahan sebelumnya).

5. Masukkan irisan tomat, ulek sampai hancur.

6. Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bahan yang sudah diulek.

7. Tambahkan setengah gelas air, garam, dan penyedap, serta gula bila anda penyuka selera manis.

8. Masukkan irisan daun bawang..

9. Icip rasa. Tunggu sampai mengental.

10. Angkat dan sajikan dengan berbagai kudapan gorengan renyah atau sebagai teman berbagai lalapan.

Selamat mencoba.

Cilegon, 11 Januari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi ingat masakan khas Emak semasa beliau masih hidup.. Sukses selalu

12 Feb
Balas

Yumm.... Coba aaah. Makasih resepna, Ambu

12 Feb
Balas

Mantap pedasnya, sambal kemiri lombok merah, uha uha.... Hehe....

11 Feb
Balas

Ha ha...kalau ada yang kepedesan, beukah resep yaaa

11 Feb

Wah enak nih bun

12 Feb
Balas

Boleh ditawar resepnya Bund? G 1 ons ya, setengahnya saja. Hi hi takut sama pedas.

13 Feb
Balas

Hmm...mau coba, aahh...

11 Feb
Balas

Kalau gak enak, bukan salah resep ya ..

11 Feb

Terima kasih resepnya, Bu. Bikin laper aja... Hehe... Salam bahagia.

13 Feb
Balas



search

New Post