Siti Jamiatu Sholihah

Pengawas Madrasah (MTs) Kementerian Agama Kota Cilegon. Lahir di kota Garut, pernah belajar di IAIN SGD Bandung dan SMHB Banten. Pernah mengajar di MAS Assalam ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengelola Hati Agar Tak Mudah Stres

H-635 Gurusiana

)Tulisan tgl 19 April yang tidak bisa tayang karena sistem error.)

Dalam mengelola hidup dan kehidupan setiap orang memiliki kemampuan melawan tantangan yang berbeda. Ada yang cenderung gampang panik dan tergesa-gesa, ada juga yang terkesan fleksibel, tenang dan santai.

Berdasar dari beberapa sumber disebutkan bahwa sebagian orang gampang terpancing emosi. Namun sebagian lain justru tenang. Sehingga timbul dua pandangan. Yaitu ada orang yang fokus pada masalah dan ada pula orang yang fokus pada solusi. Keduanya tergantung dari bagaimana cara mereka mengelola hati.

Berdasarkan beberapa sumber, berikut beberapa ciri-ciri orang yang bisa mengelola agar tidak mudah stress.

1. Memupuk Sikap Optimis. Orang yang bersikap optimis, mereka lebih fokus pada menemukan solusi, dari pada mendiskusiakn masalahnya.

2. Tidak membiarkan masalah merusak hati. Mereka melakukan relaksasi untuk menghindari stres.

3. Segera menyesuaikan diri. Jika terjadi masalah, segera beradaptasi dengan keadaan. Mengikuti irama perubahan.

4. Bertambah rasa syukur sebagai bentuk menerima suratan takdir

5. Berhubungan sosial dengan lingkungan, yang melahirkan dukungan emosional dan rasa simpati.

6. Menekuni aktivitas yang positif. Bisa jadi menjadi pembiasaan dan hobi.

Jika demikian yang dilakukan ketika hati dirundung masalah, tidak akan menimbulkan stres. Bahkan akan memperoleh kebahagiaan tersendiri dari pola hidup yang tenang.

Semoga bermanfaat.

Cilegon,19 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Smg saya bisa mengelola stres dengan lebih baik. makasih ulasannya, Bunda

22 Apr
Balas

Mantap ulasannya, barakallah Bu Sholihah

20 Apr
Balas

Terima kasih Bunda. baarakallohu fiik.

21 Apr



search

New Post