Siti Kholifah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Totalitas Operator Madrasah

Totalitas Operator Madrasah

Operator sekolah. Jabatan ini mungkin dipandang sebelah mata. Namun siapa sangka. Jantung sekolah Justru ada pada operator sekolah. Kenapa dikatakan jantung. Karena jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh kita. Begitu juga operator. Sebuah lembaga pendidikan tentu sangat membutuhkan operator. Keberadaan operator di sekolah merupakan hal yang paling urgen.

Operator terkadang dianggap remeh. Karena pekerjaanya hampir tak terlihat. Apalagi oleh orang-orang yang kurang memahami IT. Berbeda dengan seorang cleaning service yang hasil pekerjaannya bisa langsung terlihat oleh banyak mata. Kerjaan operator terkesan hanya duduk santai di depan laptop. Layaknya orang yang sedang bermain game online. Kerjaan operator memang sedikit mengeluarkan tenaga secara fisik. Namun otaknya terus berputar. Layaknya roda pada kendaraan. Operator berfikir keras bagaimana agar data-data bisa terselesaikan dengan baik dan selesai tepat pada waktunya. Mereka harus bergelut degan waktu, server dan juga jaringan yang terkadang tidak terjangkau. Bahkan operator juga harus mengatur beban jam kerja guru sertifikasi. Agar mereka layak menerima tunjangan.

Jam kerja operator tidak terbatas. Demi melaksanakan tugasnya. Operator bekerja hingga larut malam. Tak jarang juga, pagi-pagi buta. Operator harus sarapan pagi dengan menu data-data. Rasa letih, lesu, bahkan setres karna di kejar deadline sering di alami operator. Tidak banyak yang tahu. Bagaimana para operator bergelut dengan tugas tugasnya. Namun rasa letih itu akan segera terobati manakala kerjaannya selesai semua tepat pada waktunya.

Hal yang paling menyakitkan Bagi Operator. Ia akan menjadi orang pertama kali yang ditegurbahkan disalahkan oleh atasan. Manakala ada data yang tidak sesuai. data yang terlambat upload, dana sertifikasi yang tidak cair dan lain-lain. Sebaliknya apabila operator menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Dan tanpa masalah mereka sering dianggap tidak ada.

Di lembaga sekolah tingkat dasar. Terutama di madrasah swasta. Hampir tidak ada petugas khusus operator. Operator di madarah mereka tak lain adalah guru. Yang diberi tugas tambahan sebagai operator.

Guru di madrasah. Yang diberi tugas tambahan sebagai operator. Mereka harus bekerja ekstra. Karena mereka harus mengajar, sekaligus menyelesaikan data-data sekolah. Yang hampir tidak ada selesainya. Banyaknya aplikasi yang digunakan. Baik untuk pendataan guru, siswa, raport, ujian dan lain-lain sangat menguras tenaga dan pikiran para operator.

Beberapa aplikasi yang digunakan di madrasah antara lain : Emis, Verval PD, PDUM, PDUN, Bion UN, Simpatika, Raport

Pada aplikasi simpatika sedikitnya ada 15 tugas yang harus diselesaikan oleh operator diantaranya Mengecek keaktifan PTK atau guru, Mengabsen guru setiap hari. Atau tiap akhir bulan. Mengelola Siswa. Pekerjaan yang wajib dilakukan di setiap awal tahun pelajaran. Persetujuan Guru Non Induk (S20), Melakukan Non Aktif Guru (SM04), Mengangkat Pejabat Sekolah (S30), Mengangkat Wali Kelas, Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru, Edit JTM Guru BK/TIK, Isi Jadwal Kelas Mingguan (Jadwal Mengajar Guru), Update biodata, Mengajukan keaktifan kolektif S25, Cetak kartu PTK, Cetak SKMT (S29a), Pengesahan dan Penilaian SKMT (Lampiran S29a), Cetak Surat Pengantar SKBK (S29d)

Sedangkan pada aplikasi emis operator harus megisi data lembaga, data guru, data siswa. Yang semua data harus di isi secara rinci dan detail. Pada semester 2 operator harus bergelut dengan pendataan ujian. Aplikasi yang digunakan untuk pendataan ujian tahun pelajaran 2019/2020. Sangat banyak dan menyita waktu serta pikiran.

Akhir semester 1 dan 2 operator dihadapkan dengan aplikasi rapor ARD. Mengisi data siswa, mengelompkkan ke kelas masing-masing, mengisi data guru sebagai wali kelas. Menginput nilai.

Berbicara mengenai pekerjaan operator. Hampir gak akan ada habisnya. Semoga para operator dimana saja berada senantiasa diberi kesehatan, kesabaran dan keberkahan. Agar bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post