Siti Khusnul Khotimah

Hanya seorang pendidik yang berusaha mendampingi anak bangsa, agar mereka Berani Bermimpi serta berjuang untuk mewujudkan mimpi mereka. Sehari hari bertugas di ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Program program kebutuhan Khusus

Program program kebutuhan Khusus

1. Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Social dan Komunikasi adalah sejumlah pengembangan ketrampilan yang dibutuhkan tuna Netra untuk menutupi atau mengganti keterbatasan sebagai akibat langsung dari adanya hambatan penglihatan.

a. Pengembangan Orientasi Mobilitas Pengembangan kemampuan orientasi mobilitas adalah merupakan pengembangan kemampuan, kesiapan dan kemampuan bergerak dari satu posisi/tempat ke satu posisi/tempat lain yang dikehendaki dengan baik, tepat, efektif dan selamat.

Pengembangan Kemampuan sosial merupakan pengembangan kemampuan membina hubungan antar manusia dan lingkungannya serta perilaku manusia dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari secara mandiri tanpa banyak dibantu orang lain.

Pengembangan komunikasi bagi peserta didik Tunanetra bertujuan agar mereka mampu bersikap baik dan benar dalam berkomunikasi lisan, tulisan dan isyarat secara ekspresif menyenangkan baik menggunakan alat komunikasi manual maupun elektronik.

b. engembangan kemampuan komunikasi dan pengembangan kemampuan penghayatan bunyi dan irama peserta didik tuna rungu.

c. Pengembangan Diri adalah hal yang sangat penting untuk peserta didik berupa bantuan dan Latihan secara terencana dan terprogram dalam membangun diri sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

d. Pengembangan diri dan gerak merupakan segala usaha, bantuan yangberupa bimbingan, latihan, secara terencana dan terprogram terhadap peserta didikTunadaksa, dalam rangka membangun diri baik sebagai individu maupun sebagaimakhluk sosial, sehingga terwujudnya kemampuan mengurus diri, menolong diri,merawat diri, dan mobilisasi (bergerak-berpindah tempat) dalam kehidupan sehari hari baik di keluarga maupun di masyarakat secara memadai.

e. Pengembangan komunikasi, interaksi sosial dan perilaku bagi peserta didik Autismerupakan segala usaha, bantuan yang berupa bimbingan, latihan, secara terencana dan terprogram terhadap peserta didik Autis, dalam rangka membangun diri baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial, sehingga terwujudnya kemampuan untuk hidup mandiri di tengah masyarakat.

2. Strategi pembelajaran akademik di sekolah inklusif

Selain permasalahan keterampilan hidup, PDBK yang belajar di sekolah Inklusif juga mengalami permasalahan pembelajaran akademis. Hal ini disebabkan karena dari sisi internal setiap PDBK mempunyai kebutuhan belajar yang tidak sama dengan anak reguler, dan dari sisi eksternal di sekolah inklusif di Indonesia untuk saat ini banyak yang belum siap menerima PDBK secara menyeluruh. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran akademis, diantaranya adalah dengan penerapan pendekatan remedial, dan akomodasikurikulum. Remedial dalam KBBI berarti bersifat menyembuhkan atau berhubungan dengan perbaikan atau membuat menjadi baik. Jika dikaitkan dengan pembelajaran terutama pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, maka remedial dapat diartikan sebagai suatu pendekatan pembelajaran tersendiri yang diberikan kepada seorang atau sekelompok peserta didik berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan belajar dengan tujuan agar terjadi perbaikan pembelajaran. Pendekatan remedial memiliki tujuan agar peserta didik memperoleh prestasi belajar yang memadai melalui proses penyembuhan, perbaikan atau pembetulan dalam pemahaman diri, cara belajar, menggunakan alat belajar, perubahan sikap, dan pelaksanaan tugas-tugas. Prinsip utama pendekatan remedial yaitu harus mengutamakan prinsip pembelajaran yang menyenangkan.

#GuruPembimbingKhusus#

#PendidikanInklusif#

#MerdekaBelajar#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu, semoga kita bisa memberikan pelayanan terbaik pada anak2 yang berkebutuhan khusus di sekolah

04 Nov
Balas

Terima kasih pak atas kunjungannya

04 Nov



search

New Post