SITI LATIFAH

Mengajar Penjasorkes di SDN 6 Wonosobo Kecamatan Wonosobo Jawa Tengah ...

Selengkapnya
Navigasi Web
AYO LATIHAN RENANG OTODIDAK

AYO LATIHAN RENANG OTODIDAK

Setelah tiga puluh tiga tahun lamanya melakoni sebagai guru olahraga, ada yang selalu menggelitiki pikiran saya, yaitu untuk dapat berbagi ilmu kepada sesama , khususnya pengalaman yang saya dapatkan selama mengajar untuk dibagi kepada sesama guru Penjaskorkes,dan masyarakat pada umumnya.

Salah satu yang ingin saya sampaikan yaitu tentang cara memulai berlatih berenang dengan mudah.

Karena masih banyak orang yang baru mendengar kata Renang saja sudah ketakutan disebabkan tidak /belum dapat berenang sama sekali. .Disini saya akan membantu mengubah paradigma bahwa renang itu menakutkan menjadi berenang itu sesuatu yang menyenangkan.

Setelah membaca kemudian memahami tulisan saya , pembaca dapat mengikuti arahan yang saya instruksikan tahapan demi tahapan, dengan sajian bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga dapat mempraktekkan sendiri sekalipun tanpa didampingi guru maupun pelatih.

Dari anak anak hingga orang dewasa tanpa diskriminasi usia bisa memulai berlatih renang setelah membaca dan mempelajarinya, rasa penasaran akan sulitnya belajar renang hingga rasa takut jika tenggelam boleh dibuang jauh jauh.

Seperti kita ketahui bersama, penderita asma dianjurkan terapi dengan berenang, bahkan banyak dijumpai atlet renang yang muncul karena bermula dari terapi yang dianjurkan oleh dokternya. Selain itu bagi penderita kelainan fisik semisal kaki asimetrispun terapi renang sangat dianjurkan, hal ini berlaku baik untuk mereka yang disebabkan kecelakaan atau juga kelainan bawaan sejak lahir, agar bisa mengembalikan kondisi fisik seperti semula/ pulih, serta masih banyak kekurangan / kelainan fisik juga penyakit yang bisa diterapi dengan melakukan berenang.

Mengingat itu semua saya ingin menyumbangkan sedikit pengalaman saya kepada para pembaca.

Dengan dibacanya buku saya yang berjudul AYO BERLATIH RENANG OTODIDAK oleh masyarakat, keinginan untuk berbagi ilmu/ pengalaman melalui tulisan terjawab sudah, ibarat bisulan... kini sudah sembuh, sudah mecah ( Bhs Jawanya ).

Harapan saya, siapapun yang semula masih ragu ragu untuk memulai, akan segera berkeinginan menuju kolam renang untuk berlatih sendiri, siswa lulusan SMP maupun SMA yang akan mengikuti tes / seleksi masuk ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan renang menjadi salah satu mata ujinya, kini tidak perlu khawatir lagi, baca pelajari dan praktekkan , maka keraguan akan kwmampuan diri langsung sirna, adapun mateti yang akan dipelajari disini antara lain :

1. Tahapan pengenalan air.

2. Tahapan berlatih pernafasan

3. Tahapan mengapung

4. Tahapan latihan gerakan dasar menuju ke salah satu gaya renang:.

Selanjutnya adalah mempersiapkan berlatih salah satu gaya renang

Penulis adalah peserta SAGUSABU Banjarnegara

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post