Siti Nurhakimi S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkreasi Topeng Buatan Melalui Kecanggihan Teknologi

Tema : Bijak bertekhnologi tingkatkan prestasi

Berkreasi Topeng Buatan Melalui Kecanggihan Teknologi

Manfaat tekhnologi bagi saya sebagai siswa adalah membantu setiap pelajar mendapatkan informasi secara lebih efektif. Ketika ada hal yang harus dicari terutama berkaitan dengan pelajaran sekolah, hanya dengan membuka internet semua informasi yang dibutuhkan akan muncul. Nah, kali ini saya akan mencarikan pengalaman saya cara membuat topeng dari koran bekas. Pada awal bulan Februari pada mata pelajaran Seni Rupa, Ibu guru membuka pelajaran dengan menampilkan video pembelajaran tentang materi pada hari itu. Ibu guru pun menyiapkan salah satu channel di youtube melalui layar Projector, saya sangat antusias sekali menonton dan melihat hal yang baru tentang merancang sebuah topeng. Dilanjutkan dengan Tindak lanjut sebuat tugas maka saya pun bergegas pulang. Bahan utama nya adalah koran bekas. Namun, karena mencari koran sekarang susah jadi saya saya bersama teman saya yang yang bernama Mario keliling mencari koran dan akhirnya saya menemukan koran di toko yang menjual koran-koran bekas. Setelah mendapatkan koran bekas tersebut, saya pun mengayuh sepeda segera pulang. Sesampainya di rumah mengambil HP saya. Saya buka aplikasi youtube lalu saya searching dan menemukan nama channel nya pahlawan bertopeng Bersama Pak Yus. Untuk website youtubenya adalah https://www.youtube.com/watch?v=hfiLAxQIh9w. Berdasarkan informasi channel tersebut, saya pun mulai membuat topeng dengan bahan dasarnya adalah koran kertas atau koran bekas. Pertama tama saya harus menyiapkan wadah lalu masukkan masukkan air secukupnya ke dalam wadah. Setelah memasukkan air ke dalam wadah, lalu saya menybek koran bekas di dalam ke dalam wadah yang yang sudah berisi air. Kemudian saya dan teman satu kelompokku meremas-remas kertas koran yang basah tadi hingga menjadi bubur. Selanjutnya adalah proses penyaringan. Kita bisa menggunakan saringan atau kain kasa. setelah didiamkan selama satu hari satu malam, adonan saya bungkus plastik untuk bisa saya bawa ke sekolah. Di sekolah guru saya menunjukkan kembali Langkah – langkah membuat topeng dari koran bekas, saya dan seluruh teman satu kelas menonton video YouTube menggunakan layar proyektor tersebut. Ibu guru memandu saya bersama teman saya melanjutkan langkah-langkah membuatnya. Nah, langkah selanjutnya adalah memasukkan lem putihnya ke dalam adonan sobekan itu aduk meraba lalu cetak menggunakan topeng bekas dengan cara mencetak adonan tersebut pada topeng mainan. Kami mencetak topengnya secara perlahan agar tidak pecah dan rusak. Proses pencetakan selesai kemudia lanjutkan dengan proses penjemuran atau pengeringan topeng. Selama dua hari dua malam saya jemur. Namun ada rasa sedikir khawatir karena bulan ini sering hujan. Saat pagi topeng ku yang masih basah saya jemur, namun bukan saya yang menjaga tapi ibuku. Saat pulang sekolah, saya bergantian dengan adikku untuk enjaga jemuran topeng tersebut. Alhasil setekah melewati dua malam hari topengkku lumayan kering. Saya bersama Mario melepaskan topeng dari cetakan secara perlahan tidak retak. Saya menandai lubang untuk mata, lubang hidung, dan mulut. Selanjutkan adal proses pengecatan. Saya mengecat topeng tersebut dan hiasi topeng sesuai keinginan. saya dan Mario mengecat topeng tersebut warna yang digunakan yaitu warna merah dan putih lalu. saya jemur dan setelah kering saya warnai lagi menggunakan warna orange untuk mewarnai pipi topeng malamnya Saya hias lagi menggunakan motor paper bentuk menjadi pita dan saya potong kecil-kecil lalu saya tempel di topeng dan menjadi telah topeng dari koran bekas. Setelah cat dan lem kering, buat lubang di sisi kanan-kiri topeng. Ikatkan karet di kedua lubang. Usahakan agar panjangnya sesuai dengan kepala orang yang menggunakan. Topeng siap di gunakan.

Sekian pengalaman saya membuat topeng dari Koran bekas semoga bermanfaat dan mari kita menggunakan teknologi dengan berguna dan juga bermanfaat dalam melatih kreativitas pembelajaan. Asalamualaikum waroh matullahi wabarokatu

Halo Namaku Ilham Nur Rohman Ubaidah biasanya dipanggil Ilham Saya sekolah di SDN rambipuji 4. Tempat tanggal lahir, 26 Nopember 2012 sekarang saya kelas 4. Hobby saya adalah menulis namun masih amatir

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post