Siti Nurhakimi S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

BERTEKHNOLOGI DENGAN PERKECAMBAHAN

Tema : Bijak bertekhnologi tingkatkan prestasi

BERTEKNOLOGI DENGAN PERKECAMBAHAN

Setiap makhluk hidup memerlukan air untuk tumbuh dan bertahan hidup. begitu pula pada tumbuhan. Dalam proses pertumbuhan pada tumbuhan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kadar air. Banyak sekali teori yang menjelaskan tentang pengaruh kadar air terhadap pertumbuhan tumbuhan. Namun, teori tersebut belum sepenuhnya dapat dipelajari jika belum mengetahui kebenarannya pada lingkungan kita

Untuk mengetahui dan membuktikan kebenaran teori tersebut, saya yang merupakan siswa kelas 4, bernama Muhammad Dafa Aidan Ibrahim, belajar dan mempraktekkan tentang Pertumbuhan pada tanaman melalui tiga tahap, yaitu perkecambahan, pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Perkecambahan dimulai dengan masuknya air ke dalam biji dan berakhir masa dormasi pada biji atau ditandai dengan munculnya akar dan batang pertama kali. Perkecambahan dibedakan menjadi dua, yaitu perkecambahan hypogeal dan epigeal. Perkecambahan pada tanaman kacang hijau termasuk kedalam perkecambahan epigeal, yaitu pertumbuhan memanjang dari hipokotil yang menyebaban kotiledon dan plumula keluar ke atas tanah. Kemudian, tahap pertumbuhan primer. Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan padaembrio, ujung batang, dan ujung akar. Selanjutnya, tahap pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder merupakan aktifitas kambium yang membentuk xylem. Waktu pelaksanaannya, Selasa, 14 maret 2023 - 16 maret 2023 selama dua hari. Tempat di halaman rumah. Alat – alatnya antara lain tiga buah gelas, dimana gelas A diberi kadar air lima mili liter, gelas B adalah sepuluh ililiter,sedangkan gelas C lima belas mililiter. Penggaris , untuk mengukur panjang batang dari hari ke hari. Alat tulis, untuk menuliskan pertumbuhan dan perkembangan pada penelitian yang berbeda setiap harinya. Kamera, untuk mendokumentasikan hasil penelitian pada kacang hijau. Bahan – bahan yang perlu disiapkan adalah Sembilan biji kacang hijau, sebagai objek penelitian (3 biji tiap gelas) sedangkan Tanah sebagai media tanam. Air, Untuk menguji apakah terdapat pengaruh kadar air terhadap pertumbuhan kacang hijau. Cara bekerjanya adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Selanjutnya Rendam kacang hijau untuk mengetahui mana biji kacang yang layak kita gunakan untuk dijadikan objek. Dari eksperimen yang ananda dava lakukan, dava dapat menyimpulkan bahwa kadar air yang diberikan pada tumbuhan kacang hijau sangat berpengaruh bagi kecepatan pertumbuhan kacang hijau. Dengan demikian hipotesisnya dapat diterima, yaitu hipotesis alternatif: ada pengaruh kadar air terhadap pertumbuhan kacang hijau. dari pengalaman safa,Jika ingin tumbuhan tumbuh lebih cepat, tambahkan kadar air untuk tumbuhan kacang hijau. Jangan terlalu sering disiram, siramlah saat tanahnya sudah kering saja.

Menurut saya ada berbagai manfaat teknologi bagi kita diantanya untuk mencari informasi dan mempraktekan eksperimen dalam kegiatan IPAS. Selaian itu pula, Informasi semakin cepat diperoleh dan diakses untuk tujuan pendidikan. Materi pelajaran yang dijabarkan oleh Bu guru dengan menggunakan Youtube dapat dibuat lebih menarik dan interaktif. Keberadaan internet dan teknologi telah menjadi solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi maupun di era new normal. Meskipun memberikan banyak manfaat, masih ada tantangan yang harus dihadapi institusi pendidikan. Berikut tantangan yang dihadapi bidang pendidikan di era new normal dan revolusi industri 4.0. Teknologi juga berperan untuk mempermudah menjalankan aktivitas. Tentu saja, dengan mudahnya dalam mengakses teknologi, maka aktivitas pekerjaan yang dilakukan dengan teknologi tersebut pun terasa ringan dan mudah untuk dijalankan. Lagi, dengan memanfaatkan teknologi memungkinkan pembelajara di kelas kita bisa melakukan efisiensi.

Hallo, perkenalkan nama saya Muhammad Dafa Aidan Ibrahim. Biasa dipanggil dengan Dafa. Saya bersekolah di SDN Rambipuji 04 yang beralamat di Jalan Airlangga Gg VII Rambipuji, Jember. Hobby saya olahraga volley dan menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post