Siti Nurhakimi S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TOPENG KREASI MELALUI  TEKHNOLOGI

TOPENG KREASI MELALUI TEKHNOLOGI

BIJAK BERTEKNOLOGI TINGKATKAN PRESTASI

TOPENG KREASI MELALUI TEKHNOLOGI

Teknologi bagi saya siswa sekolah dasar sebagai pijakan untuk pengembangan serta pemanfaatan dalam pembelajaran. Hasil teknologinya berupa prakarya topeng. Pada saat ini saya akan menceritakan pengalaman saya cara membuat topeng dari koran bekas. Nah pengalaman seru saya dimulai, saat mencari koran sekarang susah jadi saya bersama teman saya yang bernama Aqni berkeliling mencari koran dan akhir nya saya menemukan koran bekas di tukang jahit. Saat saya sudah menemukan koran nya lalu saya pulang. Sesampai di rumah saya mengambil HP saya dan membuka youtube lalu searching di kolom pencarian menemukan sebuah channel yang berjudul pahlawan topeng dan alamat youtube nya adalah https;//youtu.be/Md1kvsiQjZs. Saya pun mulai menyiapkan bahan dasar nya antara lain adalah yang pertama koran/kertas bekas, yang kedua lem plamir/lem putih, dan yang ketiga air.

Langkah pertama saya mengambil wadah, lalu masukkan air secukup nya kedalam wadah, setelah sudah memasukkan air kedalam wadah, kemudian saya menyobek-nyobek kertas/koran bekas tersebut dalam wadah yang sudah berisi air, setelah sudah di sobek saya dan temanku meremas remas hingga menjadi bubur, setelah di remas - remas hingga menjadi bubur lalu di saring. Prosesnya bisa menggunakan saringan/kain. Selesai di saring lalu didiamkan selama satu hari satu malam. Pada saat pembelajaran di kelas Ibu guruku memutarkan video youtube tentang langkah–langkah membuatnya dengan menggunakan layar proyektor. Proyektor merupakan sebuah alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Saya bersama teman teman saya melanjutkan langkah selanjutnya adalah memasukkahn lem plamir/lem putih nya kedalam adonan kemudia diaduk rata hingga tercampur semua. Lalu cetak menggunakan cetakan topeng. Namun, karena saya tidak punya topeng bekas jadi saya menggunakan topeng mainan sebagai cetakan. Saya dan Aqni mencetak topengnya secara perlahan agar tidak retak. Setelah di cetak saya bawa pulang dan keringkan selama dua hari. Namun, jika ingin cepat kering kalian bisa jemur selama dua hari.

Tak terasa dua haripun telah berlalu, pada malam harinya saya membeli cat khusus untuk seni rupa. Selanjutnya adalah proses pengecatan topeng menggunakan cat acrylic, warna yang digunakan yaitu dengan warna merah dan putih. Kemudia dijemur kembali agar kering. Topeng yang kering tadi di cat kembali menggunakan warna morange untuk mewarnai pipi topeng.

Keesokan harinya saya kaget dikarenakan muncul permasalahan, ternyata topeng nya retak akhirnya saya tidak jadi membawa topeng tersebut kesekolah. Pada saat saya pulang sekolah, saya mencoba untuk menambahkan lem, tetapi hal tersebut ternyata tidak bisa, dalam hal ini keadaannya saya tidak punya Koran lagi untuk membuat ulang .

Akhrinya saya pun mencari di google untuk menemukan cara bagaimana memperbaiki topeng yang sudah retak terebut, saya menemukan caranya akan tetapi instruksinya harus menambahkan adonan kertas. Kemudian saya memutuskan untuk mencari lagi di mana ada koran, akhirnya saya ke tempat tukang jahit itu lagi ternyata tidak ada, setelah saya cari ke mana - mana tidak ada, kemudian saya mencoba untuk ke rumah tante saya dan ternyata tante saya mempunyai koran bekas tersebut, jadi saya meminta ke tante saya, kemudian saya pulang dan memulai untuk menambal menggunakan koran tersebut.

Pada akhirnya setelah saya mencoba menambal topeng tersebut sedikit demi sedikit dengan cara saya tembel di tepat yang retaknya dengan panduan channel di youtube. Saya diamkan tapi setelah dua hari tidak kering - kering jadi saya menyiasati dengan menjemur pada siang hari di terik matahari yang sangat mendukung dan alhamdullilah bisa kering. Setelah kering kemudian saya cat lagi meggunakan warna yang sama yaitu merah putih dan orange. Setelah proses penjemuran selesai, maka saatnya menghias kembali menggunakan creap paper. Pada malam harinya saya hias lagi menggunakan crepe paper bentuk menjadi pita dan saya potong kecil kecil lalu saya tempel di topeng dan jadi deh topeng dari koran bekas. Keesokan harinya saya letakkan di dinding kelas ku sebagai pajangan.

Sekian pengalaman saya membuat topeng dari Koran bekas semoga bermanfaat dan mari kita menggunakan teknologi dengan berguna dan juga bermanfaat dalam melatih kreativitas pembelajaan. Asalamualaikum waroh matullahi wabarokatu

Perkenalkan saya penulis cilik yang bernama khansa Zahra fauziyyah biasa di panggil khansa, lahir tanggal lima belas September. Sekolah di SDN Rambipuji 04, sekarang saya kelas empat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post