Siti Nur Hasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SEBELAS PATRIOT

SEBELAS PATRIOT

Ulasan Novel Sebelas Patriot

Identitas : Novel Sebuah Patriot

Judul : Sebelas Patriot

Penulis : Andrea Hirata

Kota Tempat Terbit : Jalan Pandega Padma 19,Yogyakarta

Tahun Terbit : Cetakan I,Juni 2011

Tebal Halaman : 112 halaman termasuk juga tentang penulis

SEBELAS PATRIOT

Sebelas Patriot adalah novel ketujuh dalam bahasa Indonesia karya Andrea Hirata. Sebelas Patriot mengisahkan cinta seorang anak, pengorbanan seorang ayah, makna menjadi orang Indonesia, dan kegigihan menggapai mimpi-mimpi.

Ikal dan teman-temannya ingin sekali menjadi pemain sepak bola PSSI perwakilan Belitung. Pada akhirnya, meskipun Ikal gagal menjadi pemain PSSI perwakilan Belitung, tetapi dia berhasil pergi ke Prancis. Ikal berhasil membuat ayahnya bangga karena dia telah berhasil menonton langsung Real Madrid VS Valencia dan mendapatkan kaos asli Real Madrid dan tanda tangan Luis Figo, tim dan pemain favorit ayahnya.

Cerita perjalanan Ikal terjadi di Bangka Belitung. Cerita awal perjalanannya dimulai ketika Ikal menemukan sebuah foto di bawah tumpukan pakaian bekas dan sepertinya sengaja di sembunyikan. Pada saat itu, ketika Ikal sedang melihat album-album foto, dia tidak sengaja menemukan foto itu. Saat ibunya tahu, dia melihat lihat album itu, ibunya langsung merebutnya dari dia sambil memberikan peringatan padanya agar tidak lagi melihat-lihat album itu, yang kemudian dipindahkan ibunya entah kemana.

Dari foto itulah, kisah perjalanan Ikal dan teman temannya dimulai, yaitu mulai dari sejarah foto itu, yang ternyata adalah foto ayahnya sendiri. Ternyata ayah Ikal dulu seorang pemain sepak bola tingkat kampung. Ayah Ikal dan saudara-saudara kandung ayahnya, hanyalah pegawai tambang Belitung yang pada saat itu dikuasai Belanda. Tetapi ayah Ikal dan paman- pamannya berani dan menang saat melawan Belanda. Berkat pelatih Toharun, Ikal juga mengikuti jejak ayahnya menjadi pemain sepak bola dengan pelatih Toharun. Sejak adanya pelatih Toharun, Ikal dan Mahar menjual kue yang banyak demi untuk membeli sepatu bola. Dia dan teman temannya dilatih keras oleh pelatih Toharun. Meskipun klubnya pernah kalah, tetapi klubnya tidak pernah menyerah. Perjalanan yang panjang hingga Ikal sempat hampir menjadi pemain PSSI.

Usaha Ikal menjadi pemain PSSI telah gagal, dia pun merantau ke Prancis. Di Madrid, dia bertemu dengan Andriana. Andriana merupakan pegawai toko barang-barang resmi dan asli klub Real Madrid. Ikal ingin sekali mendapatkan kaos bertanda tangan Luis Figo asli. Di Madrid dia berusaha keras agar mendapatkan kaos itu. Usahanya pun berhasil. Dia pun diajak oleh Andriana untuk menonton pertandingan Real Madrid VS Valencia secara langsung. Kisah ini diringkas dengan sangat baik oleh Andrea Hirata.

Novel ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang mudah menyerah, karena Novel ini mengisahkan apa arti sebuah kegigihan.

Kelebihan novel ini, banyak memotivasi pembacanya agar tidak mudah putus asa. Isinya sangat menarik dan dikemas dengan sebuah cerita yang sangat menarik, dan juga banyak amanat yang bisa dijadikan inspirasi dan motivasi bagi pembacanya. Kekurangan novel ini, terdapat bahasa-bahasa yang agak susah untuk dicerna pembacanya.

Dengan memperhatikan ke luar isi cerita ini, novel ini benar-benar buku yang dibutuhkan bagi orang yang mudah berputus asa. Buku ini memberi semangat, motivasi, dan inspirasi bagi orang-orang yang mudah putus asa agar tidak mudah putus asa sebelum apa yang diinginkannya tercapai. Selain itu buku ini juga mengajarkan bahwa apa pun yang diinginkan harus diraih dengan kerja keras dan semangat yang tinggi.

-----oo0oo-----

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post