Siti Nurhayati

Siti Nurhayati, M.Pd. Lahir di banyumas 12 Oktober 1966. Guru Bahasa Inggris SMK. Tinggal di Yogyakarta. Terus belajar karena kehidupan tak pernah berhenti mem...

Selengkapnya
Navigasi Web

Liku Hidupku

Bagian 4. Tetap Bertahan

Tuti kawanku dari kampung memutuskan untuk pulang kampung, meskipun awalnya mau pulang setelah minimal tiga tahun bekerja di Jawa. Aku tak bisa memaksa karena itu adalah hak pribadinya. Kini aku harus tetap melanjutkan bekerja di pabrik garmen walaupun tanpa Tuti. Masing-masing orang punya keputusan terbaik untuk dirinya sendiri.

Seperti biasa pagi itu aku berangkat kerja. Pabrik garmen yang dipenuhi ribuan orang pekerja dari berbagai daerah yang sudah bekerja bertahun-tahun. Aku berjalan gontai agak kurang semangat karena kawanku telah pulang kampung lebih dahulu. Ini juga membuatku rindu kampung halaman.

Sedang berjalan menuju pabrik tetiba ada yang menepuk bahuku dari belakang sambil bertanya. “Yuni...ada apa kok kelihatan kurang gairah? Teman yang biasa sama kamu kemana kok tidak kelihatan?” Demikian pertanyaan Monik asli dari Jawa Tengah.

“Biasa aja kok. Tuti temanku pulang kampung kemarin. Makanya aku sedikit kurang semangat,” ucapku sambil terus berjalan beriringan.

“Gak usah sedih gitulah. Kan masih banyak kawan di sini. Jadi gak usah terlalu dipikirin,” ucap Monik beruasah menghiburku.

“Iya Nik...terimakasih ya sudah perhatian sama aku,” jawabku sambil tersenyum padanya.

“Ayo lari jam telah menunjukkan pukul 7.55. Jam kerja akan segera mulai. Nanti kalau terlambat bisa kena semprot supervisoor.” Sambil tangan menggandeng tanganku ngajak berlari.

Seperti terhipnotis, aku nurut saja diajak lari. Tak lama kami sudah menempati tempat masing-masing sesuai dengan tempatnya.

Apapun godaannya aku harus bertahan hingga tiga tahun pertama. Selepas itu aku harus pulang kampung nengok keluarga.

Maguwoharjo, 8 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post