Siti Nur Sholihah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pelaksanaan penyelenggarakan pendidikan keluarga di SMP Negeri 1 Sentani

Kegiatan pelaksanaan di sekolah SMP Negeri 1 Sentani dapat dikategorikan dalam empat tema besar pendidikan keluarga meskipun kegiatan kegiatan di bawah ini belum maksimal melibatkan orang tua.

a. Pertemuan Orang tua dengan wali kelas

Pertemuan wali kelas dengan orang tua di sekolah yang pernah dilaksanakan antara lain :

1) Rapat terkait dengan pertemuan komite sekolah

2) Penerimaan hasil tri out

3) Penerimaan hasil ulangan tengah semester membagikan raport bayangan

4) Pembagi raport semester

5) Mengundang orang tua tentang sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) karena Program Indonesia Pintar (PIP) bukan untuk orang tua tapi untuk pendidikan anak di sekolah.

Dalam satu tahun pertemuan wali kelas dengan orang tua mencapai lima kali pertemuan yang dilaksankan pada bulan Maret , Mei , Juni, Oktober dan Desember.

Pertemuan bulan Juni Terkait pengantaran hari pertama sekolah yaitu orang tua mengantar anak sekolah sampai di area sekolah bahkan sampai dikelas dengan dilanjutkan pertemuan dengan wali sekolah dengan tema pertemuan penyampaian program dan pemberian buku panduan yang diperbarui tiap tahun dan berisi profil sekolah (sejarah sekolah dll). Rapat dengan orang tua disertai dengan mengisi daftar hadir.

b. Kelas Orang tua

Belum pernah menyelenggarakan adanya kelas orang tua. Selama ini orang tua mengharapkan dan menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya di sekolah. Terkadang pendidikan yang sudah diberikan kepada anak di sekolah berbeda dengan di rumah. Oleh karena itu perlu adanya kelas orang tua untuk menambah pengetahuan serta keterampilan dalam mengasuh anak dan mensinergikan pendidikan yang telah anak dapatkan di sekolah dengan yang di rumah, agar pendidikan karakter yang telah di ajarkan di sekolah tidak hilang ketika pulang kerumah.

c. Kelas Inspirasi

Kelas inspirasi di Sekolah Menengah Negeri (SMPN) 1 Sentani dilakukan dengan kelas besar yaitu ketika upacara pada hari senin yang di narasumber berasal dari Dinas Pendidikan, mitra sekolah maupun peserta didik yang berprestasi, adapun yang pernah menjadi narasumber dalam kelas inspirasi antara lain :

· Pengarahan dari Dinas Pendidikan

· Pengarahan dari Polisi

· Sosialisasi dari BNN

· Peserta didik yang berprestasi

· Alumni dalam rangka promosi perguruan tinggi di kelas.

Kelas inspirasi belum pada tahan melibatkan orang tua sebagai narasumbernya. Orang tua peserta didik atau wali murid di Sekolah Menengah Negeri 1 (SMPN) Sentani berasal dari berbagai jenis profesi diantaranya seperti, dokter, pilot, guru, pegawai, ondoafi dll. Oleh karena itu Sekolah Menengah Negeri(SMPN) 1 Sentani memiliki sumber daya manusia yang mendukung untuk melaksanakan kelas inspirasi.

d. Pentas Kelas Akhir Tahun

Pentas kelas akhir tahun dilaksanakan di akhir tahun pembelajaran yaitu dengan bersamaan perpisahan Kelas IX. Pentas kelas akhir tahun dilaksanakan secara keseluruhan dari berbagai kelas, dengan menampilkan berbagai seni, hasil karya peserta didik seperti lukisan, tas dan lain lain.

Pentas seni juga pernah dilaksanakan dalam rangka ulang tahun sekolah yaitu pada tanggal 07 Februari dan tahun ini merayakan ulang tahun sekolah dengan ema gebyar sekolah.

Pentas kelas akhir tahun di Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 1 Sentani melibatkan orang tua tetapi orang tua terlibat sebatas mempersiapkan , menghadiri dan menyaksikan peserta didik sekolah menampilkan seni maupun menampilkan karya lainnya dalam bentuk pameran.

e. Bentuk Pelibatan Lainnya (Otonomi Kelas)

Sekolah ini terdapat otonomi kelas yang melibatkan termitra yakni orang tua/ wali kelas dan peserta didik. Menarik dari otonomi kelas ini orang tua, wali kelas dan peserta didik diberikan kebebasan berinovasi, berkreasi untuk memberikan sentuhan renovasi kelas. Sumber dana sepenuhnya dari swadaya orang tua/wali dangan sistem pekerjaan padat karya. Kegiatan tersebut dilombahkan setiap tahun dan bagi kelas di umumkan pada saat upacara bendera yang menang akan diberikan hadiah berupa uang satu juta rupiah untuk keperluan kelas.

Pelibatan Keluarga Dalam Pendidikan Keluarga di Sekolah Menengah Negeri 1 Sentani KabupatenJayapura.

Tabel :

No.

Bentuk Perlibatan

Tingkat Perlibatan

Keterangan

Ada

Tidak Ada

1.

Pertemuan Orang Tua dengan Wali Kelas

V

2.

Kelas Orang Tua

V

3.

Kelas Inspirasi

V

Orang tua belum terlibat sebagai narasumber

4.

Pentas Kelas Akhir Tahun

V

5.

Bentuk Pelibatan lainnya

Otonomi Kelas

V

Dari tabel diatas pelibatan keluarga dalam pendidikan keluarga yang terdapat di sekolah Menengah Negeri (SMPN) 1 Sentani Kabupaten 1).Pertemuan orang tua, masih dalam skala rutinitas 2).Kelas Inspirasi pertemuannya dikelas yang besar pada upacara bendera 4).Pertas Kelas akhir tahun dilakukan pada akhir tahun ajaran perpisahan dengan kelas IX dan ulang tahun sekolah namun orang hanya turut hadir dan menyaksikan sedangkan kelas orang tua tidak ada yang menarik bentuk pelibatan yang lainnya otonomi kelas terdapat pelibatan orang tua, wali kelas dan peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

super sekali... sukses untuk bu nur

09 Jan
Balas



search

New Post