Siti Nur Wiqoyati

Wiqoyati adalah seorang perempuan dari Magelang Jateng. Meniru bapaknya, berprofesi sebagai guru. Saat ini mendapat tambahan tugas tambahan sebagai Kepala Sekol...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bangkai Tikus di Jalan

"Ciiiiiit...prakkk! "Sepeda motor yang melaju cukup kencang itu oleng lalu tumbang di tengah jalan. Pengendaranya terjerembab, pingsan sesaat. Untung saja truk di belakangnya pelan jalannya, jadi tidak menabraknya. Meskipun memakai helm, namun gigi - gigi depannya berdarah. Dia sadar saat datang tiga orang yang akan menolongnya. Dia berusaha berdiri, tapi tumbang lagi. Mungkin engsel lutut kanannya agak bergeser. Untung saja truk di belakangnya pelan jalannya, jadi tidak menabraknya.

Apa penyebab terjadinya kecelakaan itu? Ternyata dia terpeleset oleh seonggok bangkai tikus yang dagingnya mulai berceceran. Ya, bangkai tikus. Mungkin saja sebelumnya tikus itu menyeberang jalan, lalu tertabrak kendaraan yang melintas. Kucing, ayam dan ular juga sering mengalaminya. Baunya kadang menyeruak. Innaa lillaahi wainnaa ilaihi rooji'uuun.

Namun ternyata kadangkala bangkai itu ada bukan merupakan hasil kecelakaan di jalan, melainkan dibuang oleh seseorang ke jalan. Mungkin dia mati di rumah atau kebun. Bisa jadi pembuangnya beranggapan bahwa bangkai itu akan pipih terlindas banyak kendaraan, lalu lenyap tak berbekas. Dia tidak peduli, apakah itu membahayakan pengendara motor atau tidak. Mungkin belum kena batunya. Kalau dia sendiri yang terpeleset, mungkin baru sadar.

Sebenarnya, kalau bangkai itu dimasukkan ke liang dalam tanah di kebun malah lebih banyak nilai positifnya. Dia akan terbiodegradasi atau terurai menjadi unsur - unsur hara yang akan menyuburkan tanaman. Juga lebih etis dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan raya. Dua jempol bagi insan yang sudah melakukannya. Syukur bukan hanya tidak membuang bangkai ke tengah jalan raya, tapi juga memungut bangkai yang ada di jalan raya lalu menguburkannya di tanah pekarangan rumah atau kebun. Saya yakin, ini termasuk upaya penyelamatan lingkungan dan juga bernilai ibadah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Thx Bu Dian, Bu Tri n Pak Cip. Maaf rulez. Maklum, sy tuh sering glang gling.

02 Apr
Balas

Keren Bu...

24 Oct
Balas

Sukses selalu...

24 Oct
Balas



search

New Post