Siti Romdiyah

Tulisan adalah karya yang tidak akan hilang di telan waktu. Dengan tulisan kita bisa saling membantu. Walau mungkin kita belum bisa bertemu....

Selengkapnya
Navigasi Web
Paguyuban Hebat  Visi Misi Lembaga Tercapai Secara Akurat

Paguyuban Hebat Visi Misi Lembaga Tercapai Secara Akurat

Keinginan untuk mewujudkan lembaga yang diminati oleh masyarakat dan bisa mengembangkan bakat minat siswa, tentulah tidak mudah. Banyak upaya dilakukan agar lembaga bisa melaksanakan aspirasi walimurid sehingga seluruh siswa dapat menjadi generasi yang seutuhnya.

Mulai mempercantik penampilan gedung, menyusun program sekolah baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Segala upaya pemenuhan target Visi dan misi selalu diupayakan. Seluruh tenaga educative yang dipromotori oleh kepala sekolah, telah berusaha maksimal dalam pelaksanaan program lembaga.

Namun mampukah lembaga yang hanya terdiri dari beberapa orang tersebut, mampu menjalankan amanah itu sendirian? Tentu hal itu tidak akan pernah terwujud tanpa bantuan dan kerjasama dari wali murid. Peran walimurid yang tergabung dalam paguyuban, sangat berpengaruh dalam pencapaian visi dan misi sebuah lembaga.

Paguyuban walimurid yang solit, siap mendukung suksesnya tujuan pendidikan. Hal itu adalah aset lembaga yang tidak ada tandingannya. Contoh nyata pelaksanaan program pesta siaga yang diikuti oleh UPT SD NEGERI Ngembul 04.

Anggota siaga yang selalu ingin bersama ayah bundanya, kadang membuat lembaga kesulitan memberikan suport atau arahan kepada siswanya. Namun hal itu tidaklah dirasakan oleh keluarga besar UPT SD NEGERI Ngembul 04.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan adanya jalinan yang kokoh antara lembaga pendidikan dan stakeholders, utamanya paguyuban walimurid kelas 1 sampai 6.

Dengan adanya kekompakkan, kerjasama, dan rasa memiliki yang kuat. Pencapaian tujuan pendidikan tidak ada yang terasa berat. Kegiatan pesta siaga yang memuat berbagai macam lomba dapat diikuti dengan baik, sukses dan hasil yang diraihpun juga maksimal. Lembaga Sekolah Dasat yang notabene hanya diisi oleh beberapa pendidik dan tenaga kependidikan, akan tertolong dengan adanya paguyuban walimurid.

Pertanyaan selanjutnya bagaimana cara menghidupkan paguyuban walimurid?

Dengan menjalin hubungan silaturahmi dan mengaktifkan komunikasi. Hal itu mudah sekali didapatkan. Ketulusan kita dalam melayani, dengan konsep memanusiakan manusia terhadap mereka, menjadi key succes keberhasilan hubungan kita.

Teruslah jalin hubungan silaturahmi dengan paguyuban walimurid. Dan rasakan sensasi keindahan jalinan kebersamaan tersebut. Sebagaimana hadits nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Barangsiapa yang diberikan bagian dari kelemah-lembutan, sungguh ia telah diberikan bagian kebaikan dari dunia dan akhirat. Menyambung silaturahim, akhlaq yang baik, dan bertetangga yang baik akan memakmurkan negeri-negeri dan menambah umur-umur” [Diriwayatkan oleh Ahmad].

Dari hadits di atas kata memakmurkan negeri-negeri ini, dapat dianalogkan dengan lembaga kita yaitu sekolah. Karena diantara hikmah silaturahmi dan bertutur kata yang lemah lembut atau biasa kita sebut dengan komunikasi dapat mendatangkan satu kebahagiaan bagi keluarga besar lembaga pendidikan yang kita tempati.

Hal yang berat akan terasa ringan.

Hal yang sulit akan terasa mudah.

Hal yang tidak mungkin akan menjadi mungkin

Dan hal yang tidak bisa menjadi bisa.

Mari hidupkan paguyuban sekolah dan jangan putus tali silaturahmi.

Semoga Allah meridhoi niat hajat dan ikhtiar kita untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Aamiin

Wallahu a’lam bishshowab

Salam Literasi Abadi di Hati

Wlingi, 11 Agustus 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Biasanya orang tua murid senang kl dilibatkan dlm keg sekolah. Misal acara silaturahmi atau pengajian ortu murid, mereka jg yg mjd panitia. Sekolah diringankan, irtu siswa senang krn dilibatkan, yg dtg bisa banyak krn dari, oleh, dan utk mrk. Semangat bunda....

12 Aug
Balas

Subhaanallaah.. Benar bunda aku benar-benar telah merasakannya.. Siap terima kasih doa dan suportnya njih.. Semangat....

12 Aug

Subhanallah. Hikmah kalinan silaturahmi memang luar biasa Bund.

13 Aug
Balas

Betulllllll bunda.. Termasuk hikmah silaturahmi di gurusiana saya bertemu dengan bunda dan bisa membaca tulisan indah bunda

13 Aug

Karena memang Allah menjanjikan bagi orang yang selalu menjalin silaturahmi yang baik akan mendapat berbagai kebaikan di dunia dan akhirat. Termasuk bagaimana silaturahmi kita kepada wali murid. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...nanda.

11 Aug
Balas

Subhaanallaah.. Terimakasih bunda. Aamiin Yaa Rabbal'alamiin. Semoga kita tergolong orang yang selalu menjalin silaturahmi untuk meraih ridho Ilahi bunda. Salam sehat dan ta'dzim dari nanda yang di Blitar bundaku...

11 Aug



search

New Post