Siti Romlah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tagur 42 Ular Masuk ke Rumah

Tagur 42 Ular Masuk ke Rumah

Seperti biasanya mpok Ipeh, kalo udah habis solat maghrib, walau Cuma beberapa lembar ia sempatkan untuk membaca Al quran. Mpok Ipeh merasa punya hutang jika dia blom membaca Al quran, karena dia sudah masuk dalam group di whats app nya ikut kelompok ODOJ istilah kerennya, one day one juz, jadi Mpok Ipeh berusaha sebagaimana istilah namanya, Mpok harus kelar baca Al quran, dalam satu hari satu juz. Walau ia tertatih-tatih, Mpok Ipeh berusaha, terkadang ada juga bolongnya, tapi ia ganti tilawahnya dengan murotal, “yang pasti nih, kita setiap hari bercengkrama dengan Al quran, walau Cuma murotal, ntu ga pa’pa”kata Mpok Ipeh pada sahabatnya Mpok Minah.

Hari itu, Mpok Ipeh merasa dia blom kelarin kewajibannya untuk tilawah, segera ia mencari posisi yang enak di ruang tamunya, suami dan anak-anaknya belom pulang dari sholat berjamaah di masjid. Terasa nyaman dan menikmati Mpok Ipeh melatunkan ayat demi ayat Al quran, tak terasa sudah dua halaman ia membaca, di lihatnya, si bungsu sudah kembali, setelah mencium tangannya, yang utama sesegera mungkin selesaikan ibadahnya, untuk mengambil gadgednya, yang di simpen Mpok Ipeh di kantung bajunya, agar si bontot, dapat menghentikan main gadgetnya dan menjalankan ibadahnya. Itu perjanjian dalam keluarganya.

Baru saja si bontot, masuk kamarnya tiba-tiba dia lari keluar dan mendekati Mpok Ipeh dengan nafas yang terengah-engah, keringat dingin membanjiri keningnya. Spontan Mpok Ipeh, kaget dan sangat cemas, saat di tanyakan apa penyebabnya, si bontot bertingkah seperti itu.

“mak, a…ada ular panjang banget, di kamar Udin,mengelantung di ranjang tingkat atas!” kata Udin masih tergagap-gagap. Mendengar ada kata ular, seketika itu pula, jantung Mpok Ipeh rasanya mau copot, ia membayangkan akan terjadi sesuatu   membahayakan keluarganya.

Ia bingung, rasa penasaran untuk memastikan kebenaran apa yang dikatakan anaknya dan menguatkan hatinya untuk melihat, tapi rasa takutpun akan terjadi sesuatu yang berbahaya juga menghantuinya. Mpok Ipeh mencoba memberanikan diri, ia lihat dengan mengendap-endap, begitu kepalanya di tongolkan ke pintu kamar tiba-tiba…

SSSSShh…desis ular jatuh dari ranjang atas anaknya, seketika itupula Mpok Ipeh menutup pintu kamar anaknya dan ia lari mengajak putranya keluar rumah. Dengan nafas yang terengah-engah ia coba menuju ke masjid yang satu gang dengan rumahnya,untuk memanggil suaminya dan anaknya yang paling gede.

“Mpok ade ape, koq jalan kaya orang habis lihat setan aja?” tanya bang Rojali saat melihat mpok Ipeh terburu-buru.

“ntuu..bang..ada uu..lar, di rumah aye” jawabnya dengan gugup. Mendengar jawaban Mpok Ipeh seketika berubah wajah bang Rojali.

“astagfirulloh, ularnya gede apa kecil?”tanya bang Rojali penasaran.

“gede bang, makanya aye ketajutan, ini mau manggil babanya Udin, ama sekalian tolongin aye yah bang?”pinta Mpok Ipeh. Ia berharap jawaban dari bang rojali, mengiyakan menolong dia.

Saat ia sedang berbincang-bincang, terlihat babanya udin, sedikit heran.

Tetumbenan banget bininya dan anaknya, saat  mahgrib. ada di luar, pasti ada sesuatu yang luar biasa.

“nah ntu, ..lakilu datang, ayo kita omongin,apa yang kite lakuin”, kata bang Rojali

Setelah di ceritakan, segera mereka berunding cepat, sambil mencari alat, berupa bambu, karung beras dan galah(alat untuk mengambil buah di pohon). Mendengar ada sedikit keributan Jemaah lain yang juga baru keluar dari mesjid, akhirnya ikut nimbrung,

suasana di dekat rumah Mpok Ipeh pada saat bada maghrib itu, jadi heboh. Mereka berbondong ikut memastikan dan mencari ular yang nyatronin rumah Mpok Ipeh.

Bukan hanya bapak-bapak yang sibuk untuk menangkap ular, ternyata  anak-anakpun ikut ramai, apalagi emak-emak, dari yang yang usil sampai yang punya sikap simpati, ikut mewarnai suasana di sekitaran rumah Mpok Ipeh, seperti sedang mengintai dan menangkap maling jemuran.

“Eh, Mpok, kate orang tua ane, kalo ada, ular masuk ke rumah, ntu katanya, elu punya nazar belom di laksanakan, coba deh, elu inget-inget!’seru Mpok sarah sambil mendekati Mpok Ipeh.

“iye, kali Mpok, bisa aja khan, bukannye dulu, Mpok  pernah bilang mau syukuran kalo anak Mpok udah sehat dari covid dan bisa kerja lagi?”tanya Mpok Hindun mengingatkan Mpok Ipeh yang kini semakin bertambah bingung.

Dengan berkerjasama, akhirnya ular yang lumayan gede, bisa di tangkap ternyata sejenis ular sanca, kurang lebih ada dua meter panjangnya, tapi besarnya baru seukuran bambu galah.

Mpok Ipeh merasa lega, akhirnya ular yang salah masuk, udah keluar dan di pindahkan ke tempat jauh,

Pak RT menyarankan untuk melaporkan ke pelindung hewan agar di amankan. Tapi yang bikin Mpok Ipeh jadi kepikiran gimana caranya ia harus membeli bahan-bahan untuk syukuran. 

memang pernah terpikirkan, tapi blom waktu sekarang. Karena uangnya habis untuk bayaran uang masuk pendaftaran  pesantren buat si bontot yang sekarang sudah kelas enam. 

Apakah mungkin benar yang di katakan tetangganya itu? Atau akan ada orang yang jahat mengganggu keluarga nya? 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan tetang ular keren, salam sukses selalu bunda

15 Mar
Balas

Terima kasih bun

15 Mar

Ngeri juga ya kalau ada ular masuk rumah. Keren

15 Mar
Balas

Terima kasih Bun, luar biasa takut nya

15 Mar



search

New Post