Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Buku Media Raih Pahala Tak Terputus

Buku Media Raih Pahala Tak Terputus

Buku Media Raih Pahala Tak Terputus

Oleh: Siti Ropiah

Tantangan menulis 365 hari tanpa jeda kuikuti dengan senang hati. Pasalnya disiplin itu sulit dilakukan. Oleh karenanya mengikuti tantangan tersebut membuat diri dapat menggapai disiplin. Terlebih terdapat ancaman berupa remedi bagi yang tidak menulis walau satu hari. Sungguh hal ini membuat aku harus berhati-hati agar tidak terkena remedi.

Menulis setiap hari membuat aku harus memiliki ide. Ide kudapatkan dari apa yang kulihat, kudengar, dan kurasakan. Tepatnya ide muncul dari kejadian sehari-hari yang kualami. Seringkali ide muncul disebabkan pertanyaan mahasiswa dalam pembelajaran. Terkadang pula melihat fenomena yang terjadi di masyarakat terkait hukum Islam.

Menulis membuat aku harus membaca. Terlebih bila aku menulis terkait hukum Islam. Membaca berbagai sumber merupakan keniscayaan yang harus kulakukan agar paparan yang kusampaikan akurat adanya. Tak jarang pula kutuliskan sumber hukum Islam berupa ayat dan hadis dengan melampirkan sumber asli suatu hadis dari Maktabah Syamilah. Maktabah Syamilah merupakan aplikasi yang memuat 171 kitab hadis yang disebut mashadir ashliyah artinya bahwa hadis yang terdapat dalam aplikasi tersebut akurat, karena penulis kitab kitab tersebut merupakan perawi hadis.

Menurutku agar menulis dapat dilakukan secara konsisten caranya dengan menulis, menulis dan menulis. Aku akan menulis saat ide kutemukan. Karenanya terkadang satu hari aku menulis sampai tiga tulisan, sesuai ide yang muncul saat itu. Tulisan tersebut aku simpan. Hal ini sangat membantu saat sedang sibuk atau saat tidak ada ide.

Konsisten menulis pun kulakukan walaupun sibuk, dengan cara kutuliskan judul dan kerangkanya terlebih dahulu. Saat ada waktu luang, langsung kutulis. Bahkan terkait reportase, aku menulisnya sepanjang acara berlangsung. Sebab bila ide muncul, namun tidak langsung ditulis, khawatir menguap dan hilang begitu saja.

Namun terkadang ide tidak muncul. Maka yang kulakukan adalah membaca tulisan gurusianer atau mencari berita atau menonton televisi. Biasanya akan muncul ide setelah itu.

Subuh merupakan waktu yang tepat untu memposting tulisanan. Karena Subuh merupakan waktu yang cukup panjang dari deadline yang ditetapkan MediaGuru, yaitu pukul 24.00 WIB.

Selain alasan di atas, waktu Subuh kupilih untuk posting, karena sangat bermanfaat manakala tulisan belum siap tersebab tidak ada ide. Maka yang kulakukan membaca atau menonton telivisi. Biasanya ide akan muncul. Hingga aku tidak khawatir dengan waktu "Chinderella".

Kendala teknis seperti sinyal yang kurang bersahabat tidak begitu berpengaruh pada diriku dalam memposting tulisan. Hal ini disebabkan dua hal di atas. Aku sudah siapkan tulisan manakala ide muncul dan pemilihan waktu Subuh untuk posting membuat kendala di atas dapat diatasi.

Bagiku menulis merupakan jalan menuju surga. Karena menulis merupakan perintah Allah dalam QS Al Alaq: 4. Selain itu menulis (buku) merupakan ilmu yang akan abadi sepanjang masa dengan pahala yang tak terputus, bahkan ketika orang tersebut wafat. Seseorang dengan hasil karyanya kemudian dapat membuat orang lain berbuat baik, maka akan mendapatkan pahala yang tiada terhenti, walau si pencipta buku tersebut telah wafat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Barangsiapa yang menunjukkan jalan kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukannya".(HR.Muslim. Lihat Maktabah Syamilah, Shahih Muslim, Juz. 3, hlm.1506, No.1893).

Bagiku manfaat menulis sungguh luar biasa. Gegara tulisan membuat hidupku berubah dan lebih baik. Tulisan mampu membuat aku berupaya menggapai kesalehan individual dan kesalehan sosial. Hal ini disebabkan apa yang ditulis merupakan hal yang baik. Terlebih aku seringkali menulis tentang hukum Islam, seperti tentang shalat, puasa, zakat, dan haji. Hal ini munculkan semangat diri untuk dapat melakukan ibadah dengan baik. Karena aku tak ingin termasuk orang yang munafik, berkata tapi tidak melakukan. Selain itu aku pun sering menulis tentang akhlak terhadap sesama. Hal ini memunculkan kesalehan sosial yang merupakan bagian dari iman.

Selain manfaat di atas, aku dapat menghasilkan karya berupa buku. Hal ini terjadi karena bergabung dengan Gurusiana dan MediaGuru. Alhamdulillah aku sudah hasilkan 8 buku tunggal dan belasan buku antologi serta dua buku proses ISBN. Kedelapan buku tunggal tersebut adalah :

1. Indahnya Poligami (Ketika Islam Dipahami secara Komprehensif) tahun 2018

2. Sang Mahacinta (2019)

3. Wasiat Wajibah Solusi Konstruksi Kewarisan Beda Agama (2020)

4. Fiqih Mawaris dalam Komparasi (2021)

5. Literasi Agama dalam Bingkai Akhlak (Aplikasi Islam Rahmatan Lilalamin) 2021

6. Hukum Perdata Suatu Pengantar (2021)

7. Fiqih Ibadah (2018)

8. Fiqih Muamalah (2019)

Sejatinya Buku Karya Abadi dengan Pahala Tak Terputus

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang luar biasa teh. Ada kemiripan dengan yang saya lakukan. Saat ide sedang oke, semua langsung diolah menjadi tulisan, lalu di simpan, saat jadwal posting, langsung cuuus.. Aman deh.. Sukaes selalu

08 Nov
Balas

Begitulah Pak, hehehe. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Barokallah, semangat berkarya untuk berbagi dan raih pahala yang terus mengalir tiada henti, semoga dijabah keinginannya Bu Vivi

08 Nov
Balas

Amin. Terima kasih atas doa dan kunjungannya. Barakallahu fiik

08 Nov

Salam sukses... salam semangat...salam hormat... salam cinta literasi.

09 Nov
Balas

Senang sekali baca tulisan Ibu...

08 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Buku Karya Abadi dengan Pahala Tak Terputus. Selamat dan sukses atas karyanya. Baarakallaahu fiik ibu Vivi

08 Nov
Balas

Benar sekali Pak. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Wah keren bunda dengan buku tunggalnya, sukses terus bun

08 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Buku Karya Abadi dengan Pahala Tak Terputus..Setuju Bu ustazah..

09 Nov
Balas

Masya Allah, karya luar biasa. Pencapaian yang layak jadi panutan. Sukses dan berkah selalu, Ustadzah.

08 Nov
Balas

Selamat karyanya. Semog pahalanya terus mengalir. Baarakallahu fiik.

08 Nov
Balas

Barakallahu fiik

08 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu bu DR

08 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Keren bun.. sy juga baru 8 judul buku atas nama saya isbnnya.. itupun sdh 6 bulan ini off, mau nulis lagi karena nunggu fungsional biar bisa dapat AK nya.. hehehe

08 Nov
Balas

Dokter juga keren bingit. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov

Keren dan bernas ulasannya. benar sekali bunda setiap venomena yang terjadi bahkan kita lihat sendiri kandang menjadi ide yang spontan untuk kita tulis. sehat selalu bunda Siti Ropiah

08 Nov
Balas

Iya Pak, ide datang dari mana saja. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

08 Nov



search

New Post