Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Santri Bikin Aku Bangga

Hari Santri Bikin Aku Bangga

Hari Santri Bikin Aku Bangga

Oleh: Siti Ropiah

22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri. Sungguh hal itu membuat aku bangga. Tersebab aku merupakan salah seorang santriwati. Menurutku penetapan tersebut sangat layak dilakukan pemerintah. Tersebab peran pesantren (santri di dalamnya) yang luar biasa bagi tanah air tercinta ini. Terutama dalam dunia pendidikan.

Enam tahun aku ditempa di pesantren. Dimulai tahun 1982 sampai tahun 1988. Asy-Syafi'iyyah Jakarta (Jatiwaringin) merupakan pilihan yang diambil saat itu. Hal ini dilakukan agar orang tua tidak terlalu jauh untuk menjengukku, tersebab kendaraan saat itu pun belum dimiliki orang tuaku. Selain itu, karena aku merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara, mungkin ibuku khawatir aku tak betah.

Kebiasaan yang ditempa di pesantren berpengaruh dalam kehidupan selanjutnya. Seperti aku mengambil kuliah di dua tempat berbeda, tersebab saat di pesantren aku sudah terbiasa sekolah pagi dan siang. Pagi aku sekolah di Madrasah Aliyah, sedangkan siangnya aku sekolah di SMA. Bahkan malam pun tetap masih belajar, yaitu mengaji kitab. Nyaris waktu bersantai tidak kudapati, kecuali hari Minggu.

Karenanya saat aku mengambil kuliah di dua kampus berbeda, aku tidak menemukan kesulitan berarti. Kebetulan dua kampus tersebut tidak jauh jaraknya. Pagi aku kuliah di UIN Jakarta pada fakultas Syari'ah jurusan Perdata Pidana Islam. Sedangkan sorenya aku kuliah di Universitas Muhammadiyah Jakarta fakultas Hukum jurusan Hukum Perdata. Kuliah pagi dimulai pukul 08.00-13.00 WIB. Sedangkan sore dimulai pukul 15.30-21.00 WIB. Waktu yang cukup padat. Aku aktif mengikuti kegiatan organisasi kampus, yaitu PMII dan Muhammadiyah. Selain itu aktif pula di senat kampus dan organisasi kedaerahan, Ikatan Keluarga Bekasi (IKB).

Pesantren sangat berperan dalam menempa kehidupan santri dalam kehidupan. Belajar mandiri, disiplin, berbagi, mengatur waktu, sederhana, menghormati guru dan orang yang lebih tua, bertanggung jawab, menahan sifat ego dan banyak lagi sifat baik yang dilakukan oleh santri dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menciptakan santri menjadi manusia berakhlak karimah dan mampu menghadapi kehidupan hinggap ciptakan mental baja.

Sejatinya Santri Berperan dalam Menciptakan Manusia Bermental Baja

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereen Bunda..selamat hari Santri

23 Oct
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

23 Oct

Kebiasan nyantri sejak kecil, berbuah menjadi manusia yang luar biasa seperti saat ini Bu Doktor, Barokallah

23 Oct
Balas

Amin ya Rabb. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

23 Oct

Barakallahu fiik..keren Bu Doktor sukses selalu

23 Oct
Balas

Salut bisa membagikan waktu dengan baik. Baarakallaahu fiik ibu Vivi

23 Oct
Balas

Terima kasih apresiasi dan kunjungannya. Barakallahu fiik

23 Oct

Keren ulasannya, Bun. Salam sukses selalu.

23 Oct
Balas

Selamat hari santri semoga anak-anak yang sedang belajar sukses semuanya mengapai masa depan yang gemilang

23 Oct
Balas

Masya Allah wakt yang padat dan sangat bermanfaat. Kini saatnya menikmati usaha jerih payahnya. Sukses selalu bunda Vivi hebat. Barokallahu fiik.

23 Oct
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

23 Oct

Bu doktor ternyata anak santri, baru tahu aku . Keren

23 Oct
Balas

Hehehe, begitu deh Pak. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

23 Oct

Keren selalu tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu Bu DR

23 Oct
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

23 Oct

Kereen bun, sy thn 1982 blm lahir... hidup santri..

23 Oct
Balas

Wah, dokter masih muda yah. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

23 Oct



search

New Post