Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hukum Perdata Suatu Pengantar

Hukum Perdata Suatu Pengantar

Hukum Perdata Suatu Pengantar

Oleh: Siti Ropiah

Hukum Perdata merupakan hukum peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih dipelajari di Fakultus Hukum. Hal ini disebabkan karena sebagian aturan yang ada di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata) masih dijadikan sumber dalam hubungan hukum privat di Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, maka Kitab Undang Undang Hukum Perdata atau BW tetap dinyatakan berlaku yang didasarkan pada pasal II aturan peralihan Undang-Undang Dasar 1945 junto pasal 1 aturan peralihan Undang-Undang Dasar 1945 hasil amandemen. Pasal peralihan ini pada pokoknya menentukan bahwa segala peraturan dinyatakan masih berlaku sebelum diadakan peraturan baru menurut UUD termasuk di dalamnya Hukum Perdata Belanda yang berlaku di Indonesia. Pasal Peraliahn tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kekosongan hukum (Rechtvacum) di bidang Hukum Perdata.

Apa dan bagaimana hukum perdata berlaku di Indonesia?. Buku ini menyajikan secara garis besar terkait hubungan hukum antara orang dengan orang secara pribadi dan dalam hubungan hukum dalam masyarakat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren dan pasti mantab isi bukunya, Barokallah Bu Vivi

18 Nov
Balas

Luar biasa. Sinopsisnya menggambarkan Kualitas Isi Bukunya. Keren. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

19 Nov
Balas

ulasannya bagus bu doktor , sy salut dengan yg bergekut dengan hukum islam banyak kajiannya

18 Nov
Balas

Awesome Bu Vivi.

19 Nov
Balas

Tulisannya selalu sarat ilmu Bunda. Barakallah

18 Nov
Balas

Mks ilmunya bu DR, keren, sehat dan sukses selalu bu DR

18 Nov
Balas



search

New Post