Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Malas Mendera

Ketika Malas Mendera

Ketika Malas Mendera

Oleh: Siti Ropiah

Sungguh sulit mengusir rasa malas yang bersemayam dalam diri. Inginnya berleha. Tak lakukan apa pun. Bahkan lebih nikmat sambil berbaring, bertemankan alunan musik tempo dulu. Wow, nikmat rasanya.

Banyak sudah coretan yang terangkai yang mewarnai langit Gurusiana, namun tak jua jadi sebuah buku. Rasa malas itu mendera, membuatku tak mampu melakukan hal itu, hingga buku yang diidamkan pun tak kunjung tercipta.

Banyak alasan pembenar yang menjadi benteng dalam diri. Tersebab sibuk mengajar, karena harus siapkan materinya. Tersebab membuat soal untuk PAS yang tinggal beberapa hari ke depan. Segudang alasan siap jadi perisai yang membuat diri jadi kurang produktif.

Terkadang iri menyelimuti diri, manakala melihat para sahabat penulis mampu merangkai kata di setiap hari. Bahkan telah menghasilkan berbagai buku. Namun malas yang mendera ini, sulit sekali tuk diusir. Kondisi ini sungguh membuatku tak nyaman, namun mengusir rasa malas lebih membuatku lebih tak nyaman.

Malas dalam ajaran Islam merupakan sifat tercela yang harus dihindari, karena dampaknya yang buruk. Karenanya Rasulullah SAW ajarkan doa untuk mengusir rasa malas. Sebagaimana sabdanya

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.” (HR. Bukhari. Lihat Maktabah Syamilah, juz.4, h.23, No.2823).

Mungkin aku harus memperbanyak doa ini, agar rasa malas dalam diri, sedikit berkurang. Mungkin ada tips dari sahabat penulis untuk dapat atasi rasa malas yang menyelimuti diriku ini?

Sejatinya Berupaya Lepas dari Rasa Malas yang Bersemayam di Hati Merupakan Keniscayaan

Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selalu keren paparannya Bu Vivi, Barokallah

20 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

20 Nov

Makasih infonya...sangat bermanfaat.. salam semangat berliterasi.

20 Nov
Balas

Mantap pencerahannya, Bun. Salam sukses selalu.

20 Nov
Balas

Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

20 Nov

Saya pun sering merasakan rasa malas Bu doktor. Ketika tanggal tua. Malas ke mall.

20 Nov
Balas

Begitu yah Pak. Terima kasih atas kunjungannya dan barakallahu fiik

20 Nov

Semangat bunda vivi. Semoga kemalasan yang dirasakan bisa menjelma menjadi buku yang inspiratif bagi kita semua. seperti karya yang terdahulu.

20 Nov
Balas

Terima kasih support dan kunjungannya. Barakallahu fiik

20 Nov

keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu Bu DR

20 Nov
Balas

sungguh tausyiah yang sangat informatif dan mencerahkan. sehat selalu bunda Siti Ropiah.

20 Nov
Balas



search

New Post