Siti Rosidah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TUGAS AKHIR PDWK (MODUL)

Nama Sekolah : MTs Negeri Kota Cimahi

Kelas : VIII

Semester : Genap

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Tahun Pelajaran : 2022-2023

MODUL : RECOUNT TEXT

TOPIK : RECOUNT TEXT

KOMPETENSI DASAR

3.3 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount)

4.3.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal recount), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1. Membandingkan fungsi social

2. Membandingkan struktur teks

3. Membandingkan unsur kebahasaaan bebereapa teks personal recount tulis

PETUNJUK

1. Baca terlebih dahulu kompenetsni dasar dan indicator penacpaian kompetesnsi pada topic recount teks

2. Setelah mengetahui kompetensi yang mesti dikuasai, kuasai dengan baik materi recount teks

3. Jawablah pertanyaan yang ada denagn benar dan teliti

MATERI

RECOUNT TEXT

Banyak jenis teks yang dipelajari dalam ilmu bahasa, diantaranya deskriptif, narasi, recount, ekplanasi, laporan, iklan, prosedur dll. Yang akan kita pelajari dan dipaparkan adalah tentang salah satu diantaranya yaitu, teks recount.

Definisi/ definition:

Menurut kamus, kata 'Recount' memiliki arti menceritakan kembali, jadi teks recount adalah teks yang menceritakan kembali. Hal ini berarti menceritakan kemabali sebuah pengalaman pribadi baik yang dialami secara langsung maupun yang tidak dimasa lampau.

Ciri-Ciri Recount Text

ü Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali

ü Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.

ü Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.

Generic Structure dari Recount Text

Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :

ü Orientation Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.

ü Events Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal sampai selesai

ü Re-orientation Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.

Contoh Recount Text dan bagian - bagiannya

Tujuan Recount Text

Tujuan dari recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan. Secara fungsi sosial, recount text merupakan menceritakan suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi di masa lampau dengan tujuan untuk menghibur pembaca.

EVALUASI

I. Choose the best answer based on the text above for questions 1 to 6!

Last holiday my students and I went to Yogyakarta. We stayed at Morison Hotel which is not a long way from Malioboro. On Friday, we went to the sanctuaries in Prambanan.

There are three significant sanctuaries, the Brahmana, Siwa, and Wisnu. They are truly stunning. We went by just Brahmana and Syiwa sanctuaries, on the grounds that Wisnu sanctuary is being remodeled. On Saturday morning we went to Yogya Kraton.

We spent around two hours there. We were fortunate on the grounds that a brilliant and amicable aide drove us. At that point, we proceeded with our adventure to Borobudur. We touched base there at four p.m. At 6 p.m. we heard the declaration that the Borobudur entryway would be closed. In the evening we left Yogyakarta by bus.

1. The content above basically talks about ...

A. The writer's trip to Yogyakarta. C. The writer's impression of the guide.

B. The writer's first visit to Prambanan. D. The writer's experience at Yogya Kraton.

2. The content is composed as an/an ...

A. Recount B. Narrative C. Report D. Anecdote

3. What is the purpose of the text ...

A. Tell past events. C. Describe the smugglers.

B. Entertain readers. D. Report an event to the police

4. What else the big temples in Prambanan?

A. Angkor wat, syiwa, and sudra temples. C. Brahmana, syiwa, and wisnu temples.

B. Paria, brahmana, and temples. D. Wisnu, syiwa, and borobudur temples.

5. When did they go home?

A. On Saturday morning C. On Thursday evening

B. On Friday evening D. On Saturday evening

II. Write pleasant or sad personal experiences that occoured in the past. Make sure you write the correct form of the verbs.

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

_____________________________________________________________

KUNCI JAWABAN

I.

1. B

2. A

3. A

4. C

5. B

II. The answer based on the students experience

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terus berkarya Bu Siti...

12 May
Balas



search

New Post