Siti Saadah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sisingaan di Karnaval Lembang 160817
LISES [Lingkung Seni Sunda SMP Negeri 1 Lembang punya cerita

Sisingaan di Karnaval Lembang 160817

Lises [lingkung seni Sunda SMP Negeri 1 Lembang] adalah salah satu ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Lembang yang di bina oleh Bapak Indra Budi Aji,S. Pd,. M. Pd. Beliau guru Seorang guru seni budaya. Seperti biasa acara rutin setiap tahun mengikuti acara karnaval Lembang, SMP Negeri 1 Lembang mengerahkan para siswa untuk mengikuti arak-arakan Karnaval Lembang pesta rakyat orang Lembang dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 pada hari rabu 16 Agustus 2017. Dan salah satunya ekstrakurikuler Lises mengikuti arak-arakan dengan mengangkat budaya orang sunda "Sisingaan" salah satu jenis pertunjukkan rakyat yang berasal dari daerah Subang Jawa Barat. Sekilas membahas sejarah Sisingaan merupakan simbol boneka singa yang biasa ditunggangi anak-anak dalam pertunjukkannya. Sisingaan merupakan simbol kebencian warga subang terhadap kapitalis perkebunan Belanda Inggrisyang mendapat proteksi dari pemerintah kolonial (Kurnia, 2003). Kesenian sisingaan diciptakan sekitar tahun 1840 oleh para seniman yang berasal dari daerah Ciherang, yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Subang. Seni sisingaan ini dapat dikategorikan sebagai sebuah perlawanan simbolik rakyat Subang terhadap penjajah. Singa, adalah simbol dari Negara Belanda dan Inggris, dua negara yang dipandang sebagai penjajah oleh rakyat Subang pada pertengahan abad 19. Dalam pertunjukan sisingaan, ada dua boneka singa (simbol dari dua negara Eropa tersebut) yang ditunggangi dan dikendalikan oleh anak kecil (simbol rakyat Subang) yang berada di atasnya. Hal ini bermakna ejekan dan pelecehan terhadap lambang kebanggaan kaum kolonialis tersebut.

Sisingaan di Setiap daerah Jawa Barat merupakan bentuk hiburan rakyat yang masih di budayakan termasuk di Lembang juga banyak terdapat paguyuban yang melestarikan sisingaan. Dan SMP Negeri 1 Lembang merupakan sekolah yang melestarikan hiburan rakyat sisingaan. Pengenalan budaya semenjak dini agar siswa dapat menghargai dan melestarikan budaya sunda sebagai bentuk pengamalan karakter cinta tanah air.

Sekilas cerita karnaval lembang untuk info semoga bermanfaat.

VID_20170816_114303
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

"Pengenalan budaya semenjak dini agar siswa dapat menghargai dan melestarikan budaya sunda sebagai bentuk pengamalan karakter cinta tanah air." Benar banget bu.

17 Aug
Balas

Iyaa pak bener banget bentuk rasa kecintaan mereka terhadap budaya ;)

17 Aug
Balas



search

New Post