Siti samsiah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
KELAS EDITOR DKI 2
KELAS EDITOR DKI2

KELAS EDITOR DKI 2

Jakarta, 16 Februari 2020.

Kelas Editor Angkatan ke 2 Media Guru diselenggarakan di Kampus IPMI Internasional Business School, Jalan Rawajati Timur No. 1 Pancoran Jakarta Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, yang diikuti oleh 88 peserta dari berbagai institusi. Peserta merupakan guru yang telah mengikuti kelas Satu Guru Satu Buku dari berbagai angkatan.

Tujuan diselenggarakannya kelas editor ini agar para penulis dapat melakukan swasunting sebelum naskah dikirim ke editor MediaGuru. Selain itu, dari kegiatan ini di harapkan lahirnya editor editor baru yang dapat berkontribusi terhadap MediaGuru, sehingga tujuan mengantarkan guru mencapaikan kesuksesan dalam menghasilkan tulisan yang bermutu.

Kegiatan di hari pertama adalah pemaparan materi tentang plagiarisme, yang disampaikan oleh pustakawan dari IPMI Internasional Business School. Materi berikutnya disampaikan oleh pemateri utama yaitu Bunda Istiqomah yang akrab di panggil Bunda Isti, merupakan kepala editor MediaGuru. Bunda Isti memaparkan beberapa kesalahan dalam penulisan yang menyebabkan editor harus menyiapkan stok sabar yang melimpah.

Di kelas ini, Bunda Isti juga mengulas pemakaian kata sesuai dengan KKBI dan PUEBI. Para peserta diajak bernostalgia dengan mengulang pelajaran Bahasa Indonesia mengenai konjungsi, penggunaan huruf kapital, pemenggalan kata, dan pemakaian titik koma pada penulisan. Menariknya Bunda Isti juga mengulas tentang alur berpikir logis dan kesinambungan antarkalimat.

Pada hari kedua Bunda Isti dan para peserta membedah naskah yang telah dikirim ke Gurusiana. Peserta secara berkelompok diberi tugas untuk menyunting naskah. Peserta mendiskusikan dan mempresentasikan tugas tersebut. Dalam kegiatan bedah naskah ini, para peserta diajak untuk memahami bagaimana alur penulisan, pengunaan kata dan kalimat yang tepat, sehingga naskah menjadi layak untuk dibaca dan memberi informasi komprehensif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

ayo semangat bu mohon ijin follow dan follow backnya saya tunggu semoga sukses selalu salam literasi

16 May
Balas



search

New Post