Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sekelumit Tentang AKM

Sekelumit Tentang AKM

#TantanganGurusiana (Hari ke 228)

Asesmen nasional (AN) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. AN terdiri dari asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

AKM terdiri dari literasi membaca dan numerasi. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Karakter yang diharapkan adalah karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila, yang terdiri dari beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Komponen AKM terdiri dari konten, proses kognitif, dan konteks. Konten literasi membaca terdiri atas teks informasi dan teks fiksi. Teks informasi yaitu teks yang bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Teks fiksi yaitu teks yang bertujuan untuk memberikan pengalaman untuk mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca.

Konten numerasi terdiri dari bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, dan aljabar. Bilangan meliputi representasi, sifat urutan, dan operasi beragam jenis dan bilangan (cacah, bulat, pecahan, desimal). Pengukuran dan geometri meliputi mengenal bangun datar sehingga menggunakan volume dan luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga menilai pemahaman siswa tentang pengukuran panjang, berat, waktu, volume dan debit, serta satuan luas menggunakan satuan baku. Data dan ketidakpastian meliputi pemahaman, interpretasi serta penyajian data maupun peluang. Aljabar meliputi persamaan dan pertidaksamaan, relasi dan fungsi (termasuk pola bilangan), serta rasio dan proporsi.

Proses kognitif literasi membaca meliputi menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, dan evaluasi dan refleksi. Sedangkan proses kognitif numerasi meliputi pemahaman, penerapan, dan penalaran. Konteks dari literasi membaca dan numerasi sama yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik.

Soal AKM disajikan lebih utuh dengan gambar ilustrasi yang kuat sehingga pesan yang disampaikan lebih komprehensif. Stimulus teks AKM bertujuan sebagai sarana menilai kompetensi dan sekaligus menginspirasi, misalnya ada pesan moral berupa ajakan untuk memaafkan dan tidak mudah melupakan kebaikan orang lain. Soal AKM mengukur kemampuan siswa tidak hanya sampai pada level memahami namun mampu merefleksi isi teks. Merefleksi yang dimaksud adalah mampu menghubungkan pengalamannya dengan hal lain di luar teks, misalnya dikaitkan dengan isi pantun.

AKM adalah kebijakan baru atas merdeka belajar. Hal ini harus dipersiapkan sehingga kebijakan ini berjalan lancar. Semua kebijakan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu mari kita siapkan dengan berpikir positif terlebih dahulu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post