Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Komponen Proses pada Literasi Matematika dan Numerasi

Komponen Proses pada Literasi Matematika dan Numerasi

#TantanganGurusiana (Hari ke 135)

Literasi matematika pada PISA terdiri atas 3 komponen yaitu proses, konten, dan konteks. Hal ini sama juga pada komponen numerasi pada asesmen kompetensi minimal (AKM). AKM mengacu pada PISA.

Komponen proses dalam literasi matematika dimaknai sebagai hal-hal atau langkah-langkah seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam situasi atau konteks tertentu dengan menggunakan matematika sebagai alat sehingga permasalahan itu dapat diselesaikan. Kemampuan proses didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam merumuskan (formulate), menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret) matematika untuk memecahkan masalah. Ketiga proses tersebut memberikan gambaran penting dan berguna dalam mengorganisir proses matematisasi permasalahan yang kontekstual sehingga dapat diselesaikan. Proses formulate merujuk kepada kemampuan individu dalam mengenali dan mengidentifikasi peluang untuk menggunakan matematika dan menyajikan struktur matematika terhadap permasalahan kontekstual yang dihadapi. Kemampuan ini mampu mentranslasikan permasalahan dari setting kehidupan sehari-hari kepada struktur dan representasi matematika secara khusus.

Proses formulate meliputi aktivitas sebagai berikut :

a.    Mengidentifikasi aspek matematika dari suatu masalah kehidupan nyata dan mengidentifikasi variabel berperan signifikan.

b.    Mengenali struktur matematika (keteraturan, hubungan, dan pola) pada suatu masalah atau situasi.

c.    Menyederhanakan suatu situasi atau masalah sehingga memungkinkan untuk dianalisis secara matematis.

d.   Mengidentifikasi batasan dan asumsi pemodelan matematika dan penyederhanaan dari suatu konteks.

e.    Menyajikan situasi secara matematis dengan menggunakan variabel, simbol, diagram, dan model yang tepat.

f.     Menyajikan suatu masalah dengan cara yang berbeda, termasuk mengaturnya berdasarkan konsep matematika dan membuat asumsi yang tepat.

g.    Memahami dan menjelaskan hubungan antara bahasa konteks dari suatu masalah dan bahasa formal simbolik yang diperlukan untuk menyajikannya secara matematis.

h.    Mentranslasi suatu masalah ke bahasa matematika atau suatu representasi.

i.      Mengenali aspek dari suatu masalah yang berkorespondensi dengan masalah yang diketahui atau dengan konsep, fakta, atau prosedur matematika.

j.      Menggunakan teknologi untuk menggambarkan suatu hubungan matematis yang melekat pada permasalahan kontekstual.

Proses employ merujuk kepada kemampuan individu dalam menerapkan konsep, fakta, proedur dan penalaran matematika untuk menyelesaikan permasalahan yang telah diformulasikan untuk memperoleh solusi matematis. Proses ini meliputi aktivitas sebagai berikut :

a.    Merencanakan dan mengimplementasikan strategi dalam mencari solusi matematis.

b.    Menggunakan alat matematika, seperti teknologi untuk memperoleh solusi.

c.    Menerapkan fakta, aturan, algoritma, dan struktur matematika ketika mencari solusi.

d.   Memanipulasi bilangan, grafik dan data statistik, persamaan dan bentuk aljabar, dan representasi geometris.

e.    Membuat diagram, grafik, dan konstruksi matematis serta mengekstrak informasi darinya.

f.     Menggunakan dan mengganti antara representasi yang berbeda dalam proses memperoleh solusi.

g.    Membuat generalisasi berdasarkan hasil penerapan prosedur matematis untuk memperoleh solusi.

h.    Merefleksikan argumen matematis serta menjelaskan dan menjustifikasi hasil matematis.

Proses interpret merujuk kepada kemampuan individu dalam merefleksi solusi, hasil, dan kesimpulan matematika serta menginterpretasikannya dalam permasalahan di kehidupan sehari-hari. Proses ini mentranslasikan kembali solusi matematika kepada masalah konteks dan menentukan apakah hasil yang diperoleh masuk akal terhadap konteks. Proses ini meliputi aktivitas sebagai berikut :

a.    Menginterpretasikan kembali hasil matematika kepada konteks kehidupan nyata.

b.    Mengevaluasi kesesuaian antara solusi matematika terhadap konteks permasalahan.

c.    Memahami pengaruh kehidupan nyata terhadap hasil dan perhitungan dari prosedur dan model matematika untuk membuat penilaian kontekstual apakah hasil yang diperoleh perlu disesuaikan atau dapat diterapkan.

d.   Menjelaskan alasan mengapa hasil atau kesimpulan sesuai atau tidak sesuai dengan konteks permasalahan.

e.    Memahami keluasan dan batasan konsep dan solusi matematika.

f.     Mengkritisi dan mengidentifikasi keterbatasan model yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Penerapan ketiga proses memerlukan kompetensi matematik yang spesifik dan mendasar dengan bentuk dan derajat yang beragam. Mengacu pada komponen proses literasi matematika tersebut, maka komponen proses numerasi terdiri dari pemahaman, penerapan, dan penalaran. Ketiganya merupakan rangkuman dari komponen proses pada literasi matematika di atas. AKM merupakan lintas matapelajaran. Siswa diharapkan memahami permasalahan yang disajikan dengan berbagai konteks yang melibatkan mata pelajaran lain. Setelah memahami, siswa dapat membawa ke model matematika. Berarti matematika sebagai alat. Selanjutnya siswa dapat menyelesaikan model matematika tersebut. Akhirnya siswa menginterpretasikan hasil yang diperoleh dengan permasalahan tersebut. Di sini diperlukan penalaran, apakah hasilnya masuk akal atau tidak.  

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post