Siti Sriyatun

Lahir dan menetap di Rembang, 14 September 1973. Alumni S1 IKIP Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Matematika tahun 1997dan S2 Universitas Negeri Semarang (UNNE...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaknai Translasi
Permainan Gobak Sodor (Dokumen google)

Memaknai Translasi

#TantanganGurusiana365 (hari ke 121)

Pembelajaran memerlukan strategi yang mengena ke siswa. Supaya pembelajaran menjadi bermakna maka harus dikaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Guru tidak hanya memberikan rumus-rumus dari suatu materi. Tetapi penerapan dari materi tersebut harus disampaikan pada siswa. Diharapkan siswa dapat menganalisis permasalahan dan dapat menggunakan materi tersebut untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Translasi adalah salah satu jenis dari transformasi geometri. Translasi ini tidak mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Namun mengalami perubahan posisi. Berikut rumus translasi.

Pembelajaran dengan materi translasi ini dapat dikaitkan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang kontekstual. Permasalahan tersebut dapat berhubungan dengan konteks pribadi, sosial, pekerjaan, dan ilmiah.

Berikut ini permasalahan yang dapat diberikan pada siswa yang berhubungan dengan translasi.

1. Ardhin dan Rindi bermain sapu tangan di halaman rumah. Ardhin mendapat giliran menutup mata dan mencari keberadaan Rindi. Ardhin bergerak ke kiri 4 langkah, ke depan 3 langkah, kemudian ke kanan 1 langkah, ke depan lagi 2 langkah. Akhirnya Ardhin berhasil menangkap Rindi. Jika posisi awal Ardhin digambarkan dalam koordinat Kartesius pada titik (a, b), tentukan posisi Ardhin pada waktu menangkap Rindi!

2. Dalam rangka menyambut Pemilu tahun 2019, kepala kantor KPU merencanakan mengubah penataan meja dan kursi. Cermatilah sketsa denah mula-mula pada gambar berikut!

Tentukanlah pergeseran (translasi) dari kursi nomor 1, kursi nomor 6, dan lemari nomor 8 dan nyatakan dalam pasangan bilangan!

3. Minggu lalu, Candra duduk di pojok kanan baris pertama di kelasnya. Minggu ini, ia berpindah ke baris ke tiga lajur ke empat yang minggu lalu ditempati Dimas. Dimas sendiri berpindah ke baris ke dua lajur ke dua yang minggu lalu ditempati Sari. Perhatikan tempat duduk minggu lalu berikut ini!.

Misalkan tempat duduk Candra dan Dimas pada minggu yang lalu masing-masing di titik M(a, b) dan N(c, d) pada koordinat Kartesius, tentukan tempat duduk Candra dan Dimas pada minggu ini dalam koordinat Kartesius!

4. Pada permainan catur, misalkan sebuah bidak kuda D akan menyingkirkan bidak C. Bidak kuda A menyingkirkan bidak B. Selanjutnya bidak kuda D akan menyingkirkan bidak kuda A pada posisi terakhir. Tentukan pergeseran dari bidak kuda D dan bidak kuda A dan nyatakan dalam pasangan bilangan! (Lihat gambar)

Berbeda bukan jika pembelajaran dengan permasalahan di atas dibanding dengan pembelajaran yang hanya memberi rumus translasi? Memang dari segi waktu yang diperlukan lebih cepat pembelajaran hanya memberikan rumus. Namun apa makna pembelajaran ini? Lain lagi jika pembelajaran dimulai dengan permasalahan kemudian baru siswa diberikan rumus. Siswa pasti akan mengetahui makna dari rumus tersebut. Siswa pasti dapat mengembangakan materi translasi ini jika menemui suatu permasalahan. Dengan demikian siswa akan mengetahui penerapan dari materi translasi. Selain itu siswa akan dapat mengembangkan materi tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul

29 May
Balas

Terima kasih bu

29 May

Keren bu.. Salam

30 May
Balas

Terima kasih pak.

31 May

Ini masalah kontekstual yg diterapkan dlm pembelajaran.

29 May
Balas

betul ibu

29 May



search

New Post