Siti Suharni Simamora

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bahaya Kecoa bagi Kesehatan

Bahaya Kecoa bagi Kesehatan

Kecoa salah satu hewan yang sering hidup di selokan atau di tempat-tempat kotor dan muncul ke rumah ketika mereka membutuhkan makanan. Biasanya mereka berjalan dengan merayap dilantai dan kadang terbang seperti lalat hijau yang sering hinggap serta menyebarkan penyakit.

Hewan ini biasanya membuat sarang di rumah dan berkembangbiak di salah satu sudut rumah. Kecoa ini ada yang liar terbang ke sana-kemari membuat geram, sehingga sering kita menginjak kecoa tersebut sampai usus atau isi perutnya keluar agar mati. Ternyata hal ini berbahaya bagi kita bila melakukannya tanpa alas kaki, karena kecoa memiliki cacing dalam ususnya. Apabila diinjak sampai keluar ususnya,maka cacing tersebut akan mencari tempat tinggalbaru, salah satunya manusia dengan cara masuk melalui pori-pori kulit.

Cacing yang ada di dalam kecoa diberi nama horsehair worm atau Nematomorpha. Jenis cacing ini tidak menyerang manusia.

Bahaya kecoa bagi kesehatan tubuh

1. Mengontaminasi makanan

Hewan ini pemakan segala. Takhanya benda hidup tetapi juga benda mati, seperti rambut, kertas,kulit,feses, makanan di tempat sampah, dan lainna karena mereka semua suka. Saat malam biasanya mereka merangkak mencari makanan. Saat makanan terbuka dan bersentuhan dengan tubuh mereka, saat inilah kuman dari makanan kotor yang mereka makan sebelumnya bisa menempel ke makanan baru.

2. Bakteri dalam usus kecoa

Sebuah studi ditemukan bakteri Pseudomonas aeruginosa yang terdapat dalam ususnya. Bakteri ini bisa keluar bersama air liur saat kecoa mengonsumsi makanan termasuk makanan di meja makan. Oleh karena itu, saat melihat hewan ini bersinggungan dengan makanan, sebaiknya makanan tersebut segera dibuang demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Gigitan

Gigitan kecoa ini akan membuat sakitpada kulit dan membuatnya terluka.

4. Keracunan makanan

Pada sebuah wabah dimana keracunan makanan terjadi, ditemukan bahwa wabah tersebut bisa berhenti setelah hewan bersayap ini pergi.

4. Alergi

Air liur serangga ini mengandung allergen. Orang yang tidak alergi sebelumnya bisa jadi menderita alergi karena hewan ini.

5. Asma

Karena mengandung alergen, hal tersebut merupakan kabar buruk buat penderita asma. Pada orang penderita asma, maka penyakit sesak napasnya akan semakin parah dan sering kambuh.

Meski jarang, namun beberapa kasus yang ditemukan menyebutkan bahwa, lubang tubuh manusia bisa dimasuki kecoa.

Selain beberapa bahaya kesehatan yang disebut di atas, salah satu hal yang sangat terkenal dari hewan ini adalah bahaya air kencingnya. Gejalanya adalah gatal pada kulit, tenggorokan, hidung, dan mata, sehingga kulit menjadi kemerahan dan menimbulkan asma.

Karena sangat bahayanya kecoa terhadap kesehatan tubuh, maka perlu melakukan tindakan pembersihan secara menyeluruh agar hewan ini tidak menguasai daerah rumah.

18 Juni 2021

#Tagur, 365-426 Hari

4.9 / 5 ( 20 vote

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post