Siti Yuhanah

Saya adalah guru di SMA N 1 Jasinga,mengajar dari tahun 1998 sampai dengan sekarang. Saya lulusan dari IKIP Yogyakarta Jurusan Pendidikan Kimia S-1 dan lulus ta...

Selengkapnya
Navigasi Web

AKSI NYATA dan APLIKASI CANVA

Tahun 2022 saya mengikuti pelatihan 4 kali di PMM, platform merdeka mengajar. Semua diikuti dari mulai mengikuti materinya,menyimak materi di video dan mengerjakan pos tes diakhir pelatihan. Tetapi memang ada satu tugas lagi yang tidak saya kerjakan agar dari pelatihan tersebut mendapatkan sertifikat pelatihan. Kenapa tidak saya lakukan? Saya pikir aksi nyata itu akan menyita waktu,membuat video pembelajaran dan lain lain yang akhirnya nantinya saya akan banyak meninggalkan anak-anak di kelas. Selain itu saya memang gaptek terutama jika membuat materi dengan menggunakan aplikasi canva. Sementara teman-teman kalau membuat aksi nyata menggunakan aplikasi canva dalam pembuatan materinya.

Seiring berjalannya waktu saya tetap abai dengan tugas aksi nyata tersebut,sampai jarang sekali saya buka PMM juga. Saya tetap beraktivitas sebagai mana biasanya sebagai pendidik di sekolah saya yang menggunakan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya.

Sampai di awal tahun 2024,ketika pengisian SKP ternyata bukan hanya dilakukan di TRK, tapi harus juga di kerjakan di PMM. Dan salah satu rencana kinerjanya harus ada pengembangan diri dan syarat sertifikatnya harus di peroleh dari pelatihan yang ada di PMM,baru hati saya tergerak untuk menyelesaikan Aksi Nyata yang tertunda di tahun kemarin.

Pada hari Jumat tanggal 19 Januari 2024,menjelang sore sambil menunggu absen KMOB saya mencoba belajar membuat materi Aksi Nyata dengan menggunakan aplikasi canva,yang mengajarkan saya rekan kerja. Hanya kurang lebih satu jam saya belajar dengan rekan kerja,sisa materi Aksi Nyata saya kerjakan di rumah karena sudah waktunya pulang.

Sesudah waktu isya saya melanjutkan pekerjaan saya,hasil belajar dengan rekan kerja saya. Alhamdulillah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan selama ini. Saya kerjakan sampai beres malam itu,dan besoknya saya sudah upload di PMM tanpa lupa melampirkan umpan baliknya.

Dengan mau belajar di usia tua ternyata masih bisa,benar ada hadist yang mengatakan,carilah ilmu dari buaian ibu sampai akhir hayat. Ternyata benar manfaatnya mencari ilmu itu tidak terhalang oleh usia. Asal ada kemauan pasti akan ada hasil yang maksimal. Yuk ,kita belajar terus ,jangan sampai ada kata putus asa,karena dalam waktu 5 hari saya bisa upload 2 aksi nyata ke PMM. Mudah-mudahan segera di verifikasi dan segera ada sertifikatnya, aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin aamiin yra

23 Jan
Balas

Semoga lolos ya bu

23 Jan
Balas



search

New Post