Sitti Rahma

Lahir di Bone, 19 Nopember 1974, Tamat SMA thun 1993 di iSMA Neg 2 Watampone, kemudian melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri, UNHA...

Selengkapnya
Navigasi Web

Perkenalan Peserta Didik Baru saat PJJ

Perkenalan Siswa Baru Model Online

Di hari pertama sekolah ,peserta didik baru biasanya ada selingan saling memperkenalkan diri untuk keakraban mereka. Sebagai wali kelas pun harus juga mengenal identitas diri dari semua anak perwaliannya. Walaupun awal tahun ajaran baru langsung di terapkan pembelajaran jarak jauh, namun perkenalan diri diantara peserta didik baru, tetap bisa dilakukan. Bahkan dengan menginstruksikan saling berkenalan online, mampu meningkatkan keterampilan mereka di bidang IT. Ini bisa dilakukan justru lebih efektif tanpa mengganggu jam pelajaran mereka.

Bagaimana caranya ….?? Sebagai wali kelas harus sekreatif mungkin menggerakkan siswa berkreasi seperti layaknya mengajar dikelas secara tatap muka. Apapun yang menjadi pembiasaan sehari-hari selama pembelajaran luring bisa juga diterapkan secara daring.

Berikut langkah-langkah yang aku susun cara siswa memperkenalkan diri secara daring:

a. Meminta peserta didik berseragam lengkap layaknya di sekolah

b. Merekam dirinya secara utuh, keseluruhan model/penampilannya saat memperkenalkan diri, secara singkat, nama, alamat, asal sekolah, hobbi, cita-cita, dll.

c. Memberikan ruang atau kesempatan untuk menyatakan komitmennya untuk siap ikuti pembelajaran baik daring maupun luring.

d. Memberi ruang untuk mampu mampu mengungkapkan kesiapannya mematuhi peraturan tata tertib sekolah.

e. Mengupload di grup kelas semua

f. Guru menggabungkan video perkenalan singkatnya untuk keperluan administrasi atau keperluan laiannya seperti kenangan awal kelas masa pandemic.

Hal ini mampu meningkatkan skill siwa dan guru dalam penggunaan aplikasi, yang bisa juga di manfaatkan untuk membuat video pembelajaran singkat. Jadi kreativitas itu bukan hanya di tuntut untuk siswa, tetapi guru harus lebih kreatif juga.

#MarikiMenulis

#SatuHariSatuTulisan

#Tantangan Hari Ke-3

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post